Supervisi Klinis dalam Latar Budaya Pesantren di MA Salafiyah Kajen, Margoyoso, Pati

Nusaibah, Nusaibah (2019) Supervisi Klinis dalam Latar Budaya Pesantren di MA Salafiyah Kajen, Margoyoso, Pati. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (381kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (469kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (746kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (386kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (629kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (333kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pelaksanaan supervisi klinis dalam latar budaya pesantren di MA Salafiyah Kajen, 2) Kendala supervisi klinis dalam latar budaya pesantren di MA Salafiyah Kajen, 3) Capaian supervisi klinis dalam latar budaya pesantren di MA Salafiyah Kajen. Penelitian ini merupakan field research dengan pendekatan kualitatif. Dalam menguraikan kegiatan supervisi klinis di MA Salafiyah Kajen, peneliti menggunakan metode deskriptif dari data hasil observasi, wawancara serta dokumentasi. Sementara itu, dalam upaya menguji keabsahan data, peneliti menggunakan uji kredibilitas triangulasi. Sumber data dan informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah selaku supervisor dan guru selaku supervisee. Dari data yang sudah terkumpul, peneliti menerapkan metode analisis data yang dirumuskan oleh Miles dan Huberman dengan hasil penelitian sebagai berikut: 1) Kegiatan supervisi klinis di MA Salafiyah Kajen meliputi pra observasi, observasi dan pasca observasi dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang bersifat kondisional terhadap kesulitan-kesulitan dalam pembelajaran yang seringkali dihadapi oleh para guru baru serta guru yang memiliki latar belakang pendidikan pesantren dan perguruan tinggi non pendidikan. 2) Kendala internal maupun eksternal dalam kegiatan supervisi klinis muncul dari pihak supervisor dan supervisee meliputi kurangnya intensitas pelaksanaan supervisi klinis karena keterbatasan waktu dan tenaga supervisor, timbulnya rasa sungkan untuk menyampaikan kesulitan mengajar serta input siswa yang variatif. 3) Capaian supervisi klinis terlihat dari beberapa indikator positif yang nampak setelah diadakannya kegiatan supervsisi klinis, antara lain supervisi klinis dapat membantu guru dalam perbaikan metode dan penampilan mengajar, perencanaan dan realisasi program-program berkelanjutan, peningkatkan kompetensi dan kualitas guru, peningkatan kualitas siswa dan lulusan (output) serta dapat membangun kepercayaan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Klinis, Budaya Pesantren
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Apr 2021 02:07
Last Modified: 16 Apr 2021 02:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3895

Actions (login required)

View Item View Item