Implementasi Metode Bimbingan Konseling Islam Applied Behavior Analysis (ABA) Dalam Terapi Anak Autis di SNETS YCHI Autism Center Cabang Jepara

Safitri, Endah Dwi (2020) Implementasi Metode Bimbingan Konseling Islam Applied Behavior Analysis (ABA) Dalam Terapi Anak Autis di SNETS YCHI Autism Center Cabang Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (306kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (514kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (607kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (331kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (474kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang berusaha membuktikan kualitas suatu hal dan mencari tahu karakter esensialnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Menjelaskan tentang kegiatan terapi untuk anak autis menggunakan metode Bimbingan Konseling Islam Applied Behavior Analysis (ABA)di SNETS YCHI Autism Center Cabang Jepara. Menggali informasi mengenai profil terapis, penerapan metode, dan faktor keberhasilan dalam pelaksanaan terapi. Subyek penelitian ini adalahkepalaSNETS YCHI Autism Center Cabang Jepara, 2 orang terapis anak autis serta orang tua atau wali dari anak autis. Data-data tentang pelaksanaan terapi dikumpulkan melaluiobservasi, wawancara, arsip klinik dan dokumen yayasan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yang menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis, penelitian ini berhasil memperoleh temuan: 1) pelaksanaan terapi berjalan dengan baik dan sesuai dengan teori Bimbingan Konseling Islam dan metode ABA sehingga dapat membantu anak autis dalam melatih kemampuan sosial, kognitif serta kemampuan dalam melaksanakan kewajiban ibadah dalam agama Islam. 2) Hasil yang diperoleh setelah melakukan terapi beberapa waktu, anak autis mampu berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan teman sebaya dan orang lain, bahkan mampu masuk ke sekolah umum. Terapi dapat berhasil karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu metode yang digunakan, kompetensi terapis, evaluasi dan fasilitas pendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Islam, Applied Behavior Analysis (ABA)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Apr 2021 02:23
Last Modified: 16 Apr 2021 02:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3903

Actions (login required)

View Item View Item