Pengaruh Penerapan Model TGT Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyyah Miftahussibyan Kalipucang Wetan Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020

Farhatin, Nila (2020) Pengaruh Penerapan Model TGT Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyyah Miftahussibyan Kalipucang Wetan Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (294kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (508kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (695kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (348kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (420kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)

Abstract

Guru yang tidak bisa mendefinisikan matematika, berpeluang membuat siswa tidak menyukai matematika. Solusi dalam menyelesaikan persoalan itu guru wajib membuat situasi pelajaran yang mengasyikkan dapat tercipta bila guru menggunakan metode cooperative learning. Model Teams Games Tournament (TGT) TGT didesain untuk meningkatkan semangat siswa dalam belajar, dikarenakan salah satu sintaks metode pembelajaran ini terdapat turnamen Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh penerapan model TGT pada mata pelajaran Matematika kelas V di MI Miftahussibyan Kalipucang Wetan Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penilitan lapangan (field reearch) dengan metode penelitian kuantitatif. dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MI Miftahussibyan Jepara yakni kelas V. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua kelas V, cara pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, dengan jumlah sampel 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan model TGT di MI Miftahussibyan Kalipucang Wetan Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020 adalah dalam kategori tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata mean dari jawaban responden sebesar 74,83 adalah tergolong tinggi karena termasuk dalam interval (73 – 87). 2) Hasil Belajar di MI Miftahussibyan Kalipucang Wetan Welahan Jepara adalah dalam kategori cukup . Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata mean dari jawaban responden sebesar 77,37 adalah tergolong cukup karena termasuk dalam interval (69 – 79). 3) penerapan Model TGT berpengaruh terhadap hasil belajar di MI Miftahussibyan Kalipucang Wetan Welahan Jepara dengan persamaan regresi Y’ = 14.49 + 0.840X. Hubungan antara model TGT dengan hasil belajar siswa diketahui hasil Freg sebesar 60,894, sedangkan pada Ftabel 5% = 0.420. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model TGT terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Miftahussibyan Jepara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model TGT, Hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Apr 2021 02:29
Last Modified: 16 Apr 2021 02:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3904

Actions (login required)

View Item View Item