Hubungan Pengelolaan Minat Membaca Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Undaan Tengah Undaan Kudus Tahun Ajaran 2018/2019

Istifaizah, Istifaizah (2019) Hubungan Pengelolaan Minat Membaca Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Undaan Tengah Undaan Kudus Tahun Ajaran 2018/2019. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (716kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (505kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (336kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (166kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (486kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (166kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)

Abstract

Mestinya aktivitas membaca dapat bermakna dan berkualitas apabila didorong oleh minat membaca yang tinggi. Sayangnya, tidak semua peserta didik memiliki minat membaca yang tinggi.Keluhan tentang rendahnya keterampilan berbicara siswa, juga sering dilontarkan oleh beberapa guru Madrasah Ibtidaiyah (MI). Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian guna menguji ada tidaknya hubungan signifikan pengelolaan minat membaca dan penguasaan kosa kata terhadap keterampilan berbicara siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Undaan Tengah Undaan Kudus. Untuk itu, penelitian ini bertolak dari anggapan bahwa pengelolaan minat membaca berpengaruh terhadap keterampilan berbicara .Begitu juga penguasaan kosa kata siswa juga mempunyai hubungan dengan keterampilan berbicara. Penelitian ini diharapkan akan memberikan pengetahuan tentang: 1) hubungan pengelolaan minat membaca terhadap keterampilan berbicara. 2) hubungan pengelolaan penguasaan kosakata terhadap keterampilan berbicara. Dan 3. hubungan pengelolaan minat membaca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan berbicara siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Undaan Tengah Undaan Kudus. Penelitian yang dilakukan penulis termasuk ke dalam penelitian kuantitatif non eksperimen, yaitu penelitian yang menyangkut sebab akibat antara variabel bebas dan variabel terikat. Dalam penelitian ini ditetapkan tiga variabel yang akan diukur, yaitu dua variabel bebas (independen variable) dan satu variabel terikat (dependen variable). Minat Membaca (variabel bebas) dengan notasi X1, Penguasaan KosaKata (variabel bebas) dengan notasi X2. Keterampilan berbicara (variabel terikat) dengan notasi Y. Alat pengumpul data utama menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan teknik korelasi sederhana dan korelasi linier ganda. Analisis linier sederhana dilakukan pada dua hipotesis pertama, yaitu (1) Korelasi antara pengelolaan minat membaca terhadap keterampilan berbicara, (2) Korelasi antara penguasaan kosakata terhadap keterampilan berbicara, sedangkan analisis korelasi ganda dilakukan pada hipotesis ketiga, yaitu (3) Korelasi antara minat membaca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan berbicara. Hasil Penelitian: Dari hasil perhitungan di atas diperoleh F (hitung) = 10,288 dan dengan derajat kebebasan (dk) pembilang = k dan dk penyebut ( n-k-1 ) = 48 pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai F (table) = 3,19. Sesuai dengan ketentuan bahwa bila F (hitung) ≥ F (tabel) maka H0 ditolak, dan jika F (hitung) ≤ F (tabel) maka H0 diterma. Dengan demikian pengujian hipotesis nol (H0) yang menyatakan : “Tidak terdapat hubungan yang positif dari pengelolaan minat membaca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap keterampilan berbicara”, ditolak. Oleh karenanya, hipotesis penelitian yang diajukan yaitu : “Terdapat hubungan yang positif dari pengelolaan minat membaca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap keterampilan berbicara”, diterima. Sedangkan kontribusi (sumbangan langsung) variabel X1 dan X2 terhadap Y = R2 x 100 % yaitu 0,5842 x 100 % = 34,11 % dan sisanya 65,89 % ditentukan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan minat membaca, penguasaan kosakata,keterampilan berbicara
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi
300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi
300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi

300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Studi dan Pengajaran Bahasa
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Apr 2021 02:48
Last Modified: 16 Apr 2021 02:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3906

Actions (login required)

View Item View Item