Hidayat, Nurul (2016) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI (STUDI KOMPARATIF SMP N 2 REMBANG DENGAN SMP N 1 LASEM KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2014/2015). Masters thesis, STAIN Kudus.
Text
01 Cover.pdf Download (927kB) |
|
Text
02 Abstrak.pdf Download (467kB) |
|
Text
03 Daftar Isi.pdf Download (384kB) |
|
Text
04 Bab 1.pdf Download (486kB) |
|
Text
05 Bab 2.pdf Download (608kB) |
|
Text
06 Bab 3.pdf Download (416kB) |
|
Text
07 Bab 4.pdf Download (551kB) |
|
Text
08 Bab 5.pdf Download (382kB) |
|
Text
09 Daftar pustaka.pdf Download (421kB) |
Abstract
Manajemen pembelajaran sudah merupakan kegiatan rutinitas baik bagi siswa maupun guru yang ditempuh selama beberapa tahun, sehingga kegiatan belajar mengajar cenderung menjadi “instan”, belajar mengajar menjadi “kering” dan hanya sekedar transfer pengetahuan. Oleh karenanya langkah baru yang harus ditempuh adalah bagaimana dapat mengubah paradigma tentang belajar dan mengajar, sehingga proses belajar menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Manajemen pembelajaran PAI merupakan kegiatan dalam melaksanakan tindakan untuk menciptakan suasana komunikasi yang edukatif antara guru dan siswa yang mencakup segi kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran PAI yang telah ditetapkan. Tesis ini ditulis dengan tujuan: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen pembelajaran PAI di SMP N 2 Rembang dan SMP N 1 Lasem pada tahun ajaran 2014/2015, 2) Untuk mengetahui kelebihan dan k manajemen pembelajaran PAI di SMP N 2 Rembang dan SMP N 1 Lasem, 3) Untuk mengetahui dampak pelaksanaan manajemen pembelajaran PAI di SMP N 2 Rembang dan SMP N 1 Lasem terhadap perkembangan siswa. Adapun fokus penelitian ini adalah manajemen pembelajaran PAI di SMP N 2 Rembang dengan SMP N 1 Lasem sehingga subyek penelitiannya melibatkan kepala sekolah, guru PAI, Waka Kurikulum dan siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan analisis datanya adalah teknik analisis diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, pelaksanaan manajemen pembelajaran PAI di SMP N 2 Rembang dan SMP N 1 Lasem dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengawasan. Kedua, keunggulan SMP N 2 Rembang adalah penggunaan metode pembelajaran kontemporer yang berbasis teknologi, hasil materi pembelajaran kemudian disusun dalam dokumen kumpulan karya siswa. Keunggulan SMP N 1 Lasem dalam manajemen pembelajaran PAI yaitu pengamatan secara langsung sebagai pengamalan ilmu dan teori yang telah dipelajari. Kekurangan di SMP N 2 Rembang adalah sebagian siswa yang belum bisa menguasai teknologi. Kekurangan di SMP N 1 Lasem adalah kurang aktifnya partisipasi siswa sehingga materi tidak masksimal. Ketiga, dampak pelaksanaan dari manajemen pembelajaran PAI di SMP N 2 Rembang dan SMP N 1 Lasem adalah memperkecil kendala-kendala pembelajaran untuk dapat mencapai tujuan yang diinginkan karena pembelajaran sudah diatur dan ditata sesuai teori manajemen. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa guru sebagai kunci keberhasilan dalam meningkatkan mutu pendidikan, hendaknya antara kepala, waka kurikulum dan guru PAI bersinergi di dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran; SMP N 2 Rembang; SMP N 1 Lasem |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Feb 2017 05:40 |
Last Modified: | 04 Feb 2017 05:40 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/392 |
Actions (login required)
View Item |