Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Kepala Madrasah Sebagai Supervisior di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus)

Susiyanti, Shella Indry (2020) Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Kepala Madrasah Sebagai Supervisior di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus). Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (447kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (603kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (787kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (435kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (486kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (331kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs N 1 Kudus yang dipaparkan secara mendalam, prosedur dan langkah kongkrit kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs N 1 Kudus serta faktor pendukung dan penghambat peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs N 1 Kudus. Penelitian ini adalah bentuk penelitian lapangan (field research ) yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan menggunakan beberapa pendekatan yakni, padagogis, sosiologis, psikologis dan manajerial. Penulis juga menggunakan beberapa insturumen untuk memperoleh data antara lain pedoman observasi, blangko, dokumentasi, dan wawancara. Jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sementara teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi mengacu kepada analisa dedukatif dan induktif dengan menggunakan beberapa metode yang relevan dengan variabel utama yang akan diteliti,sedangkan informan sebagai nara sumber adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran kepemimpinan kepala Madrasah MTs N 1 Kudus dalam melaksanakan tugasanya dengan penuh tanggung jawab,dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja guru,dengan melakukan pendekatan normatif atau memberikan motivasi guru untuk selalu bekerja sesuai dengan tugasnya, dengan keahlian dalam bidang studi yang diajarkan , Prosedur yang dikehendaki kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru adalah melakukan pengawasan dengan pendekatan musyawarah, komunikasi, perencanaan, koordinasi dan evaluasi, dengan penerapan ini akhirnya semua maksud akan terwujud. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat digambarkan bahwa untuk mendukung semua program kepala sekolah dalam peningkatan kinerja adalah faktor eksternal dan internal, sarana dan prasarana, metode dan program. Penelitian ini memeberikan implikasi bahwa menjadi pimpinan sekolah sebaiknya melaksanakan tugasnya secara transparan penuh tanggung jawab, semua kebijakan yang diambil harus transparan kepada bawahannya. Hendaknya kepala sekolah senantiasa bermusyawarah dengan bawahanya setiap sekali sebulan melakukan evaluasi. Untuk mengatasi faktor penghambat terhadap penyelenggaraan pendidikan, khususnya keberhasilan kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di harapkan kesatuan langkah dan kebersamaan tujuan semua komponen Madrasah baik kepala Madrasah, guru, peserta didik, dan orang tua serta masyarakat sekitar untuk bersama-sama melaksanakan visi dan misi di MTs N 1 Kudus.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Pendidikan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Apr 2021 01:48
Last Modified: 20 Apr 2021 01:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3929

Actions (login required)

View Item View Item