Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Model Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih Siswa Kelas VII di Mts Samailul Huda Mlaten Mijen Demak Tahun Pelajaran 2019/2020

Ekafitriani, Nafis (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Model Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih Siswa Kelas VII di Mts Samailul Huda Mlaten Mijen Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (589kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (620kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (734kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (259kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah 1) Untuk mengetahui pelaksanaan strategi pembelajaran aktif model Index Card Match pada mata pelajaran fikih siswa kelas VII di MTs Samailul Huda Mlaten Mijen Demak. 2) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran fikih dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif model Index Card Match pada siswa kelas VII di MTs Samailul Huda Mlaten Mijen Demak. 3) Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif model Index Card Match terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fikih siswa kelas VII di MTs Samailul Huda Mlaten Mijen Demak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan melakukan penyebaran angket dan melakukan tes hasil belajar secara langsung pada siswa kelas VII di MTs Samailul Huda Mlaten Mijen Demak. Sampel penelitian sebanyak 22 orang siswa dengan metode analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS versi 16.0. Hasil penelitian dan pemaparan analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa 1) Penggunaan strategi pembelajaran aktif model Index Card Match pada materi fikih di kelas VII dikategorikan baik dengan hasil rata rata angket sebesar 78. 2) Hasil belajar mata pelajaran Fikih dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif model Index Card Match memperoleh hasil rata-rata kelas sebesar adalah 83 dengan ketuntasan klasikal yang dihasilkan adalah 86,36%. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi pembelajaran aktif model Index Card Match terhadap hasil belajar mata pelajaran fikih pada siswa kelas VII di MTs Samailul Huda Mlaten Mijen Demak dengan menggunakan persamaan Y ̂ =43,595+0,504x, dan mempunyai hubungan yang positif dan signifikan sebesar 0,758 serta termasuk ke dalam kategori kuat. Berdasarkan hasil koefisien determinasi strategi pembelajaran aktif model Index Card Match memberikan kontribusi sebesar 57,5% terhadap hasil belajar mata pelajaran Fikih siswa kelas VII di MTs Samailul Huda Mlaten Mijen Demak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran aktif, model Index Card Match, hasil belajar.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Apr 2021 02:20
Last Modified: 20 Apr 2021 02:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3933

Actions (login required)

View Item View Item