Penerapan E-commerce dalam Meningkatkan Daya Saing Produk Konveksi UMKM (Studi Kasus pada UMKM Usaha Konveksi di Kecamatan Gebog)

Salim, Muhammad Nur (2020) Penerapan E-commerce dalam Meningkatkan Daya Saing Produk Konveksi UMKM (Studi Kasus pada UMKM Usaha Konveksi di Kecamatan Gebog). Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (469kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (329kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (426kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (723kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (393kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (695kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penerapan e-commerce dalam meningkatkan daya saing produk konveksi UMKM oleh para pengusaha. Dengan menggunakan kerangka berfikir deduktif-induktif penulis telah mengidentifikasi dan menggambarkan apa saja motif pelaku usaha, bagaimana strategi penggunaan e-commerce oleh pengusaha berbagai manfaat yang diperoleh oleh pengusaha (UMKM) konveksi dalam menerapkan e-commerce, dan problematika apa saja yang dialami oleh pelaku usaha UMKM konveksi dalam menerapkan e-commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode penelitian survei, dengan tujuan untuk membuat deskripsi, gambaran, lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta, sifat serta hubungan antara berbagai fenomena yang diselidiki. Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah delapan belas pengusaha UMKM Konveksi di Kecamatan Gebog Kudus. Sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan layanan e-commerce oleh para pengusaha dalam rangka meningkatkan daya saing usahanya. Selain itu, penulis menggunakan open questionnair, independent interview, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah para pengusaha memiliki beberapa motivasi untuk menggunakan layanan e-commerce, yakni mempermudah pemasaran dan transaksi, memperbanyak konsumen, dan faktor efisiensi waktu dan biaya dalam pemasaran; dalam menggunakan layanan e-commerce, para pengusaha memiliki strategi tersendiri, yaitu memberikan pelayanan yang baik dan respon yang cepat kepada pembeli, menawarkan harga terbaik dan potongan harga, dan giat berpromosi kepada rekan dan kenalan; adapun manfaat yang diperoleh para pengusaha dalam menggunakan layanan e-commerce adalah kemudahan dalam memasarkan produk, mengurangi biaya sewa toko/ruko atau mendirikan cabang, transaksi jual beli lebih cepat, dan menambah wawasan dalam mengikuti trend dalam jual beli; para pengusaha juga mengalami problematika dalam menggunakan layanan e-commerce, yakni kurangnya keahlian dalam mengelola aplikasi atau fiture yang ditawarkan oleh layanan e-commerce, membutuhkan perangkat teknologi untuk memasarkan barang, mengatur manajemen waktu dalam beriklan, dan menjaga komitmen keterpercayaan pelanggan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-commerce, Daya Saing, UMKM usaha Konveksi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah (ES)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:39
Last Modified: 21 Apr 2021 03:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3945

Actions (login required)

View Item View Item