Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di Mts NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun 2019/2020

Istiyanto, Bayu (2020) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di Mts NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (250kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (325kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (635kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (358kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (618kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui bagaimana Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di Mts NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun 2019/2020. 2) Untuk mengetahui bagaimana Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di Mts NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun 2019/2020. 3) Untuk mengetahui Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Kognitif peserta didik pada mata pelajaran Fikih Kelas VIII di Mts NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian regresi dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di Mts NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sejumlah 127 dan teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling, dimana pengambilan sampel ini digunakan bilamana populasi tidak terdiri dari individu, melainkan terdiri dari kelompok-kelompok individu atau cluster, pada populasi pengambilan taraf kesalahan yang dipilih oleh peneliti adalah 5%. Jadi, jumlah populasinya adalah 178. Pengambilan sampel tersebut dengan cara membuat undian dari 5 kelas, sampel yang digunakan peneliti adalah kelas 8a sebagai kelas exsperimen dan 8b sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi. Adapun hasil penelitian ini adalah Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di Mts NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun 2019/2020 yaitu sebesar 39 dari media audio visual kelas eksperimen ”Cukup Baik” karena masuk dalam interval 38 – 4. Hasil belajar kognitif peserta didik sebesar 19.3, sehingga hasil belajar kognitif pesera didik kelas eksperimen dapat dikatakan ”cukup baik” karena masuk dalam interval 19 – 20 dan hasil belajar kognitif peserta didik sebesar 18.2, sehingga hasil belajar kognitif peserta didik kelas eksperimen dapat dikatakan ”cukup baik” karena masuk dalam interval 17 – 18. Dari perhitungan t hitung menggunakan rumus t-test polled varian sebesar 3.343 dengan taraf kesalahan sebesar 5%, dengan jumlah sampel sebanyak 73 responden, sehingga didapatkan ttabel sebesar 1.666. Berdasarkan hasil analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa thitung = 3.343 > 1.666, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, berarti “ada” atau “terdapat” pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di Mts NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Audio Visual, Hasil Belajar Kognitif, Pembelajaran Fikih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:44
Last Modified: 21 Apr 2021 03:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3946

Actions (login required)

View Item View Item