PERAN KOMPETENSI GURU AKIDAH AKHLAK DAN MUTU LULUSAN (STUDI PADA MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN KUDUS) PROVINSI JAWA TENGAH

Anwar, Sahid (2016) PERAN KOMPETENSI GURU AKIDAH AKHLAK DAN MUTU LULUSAN (STUDI PADA MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN KUDUS) PROVINSI JAWA TENGAH. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. Bab 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. Bab 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pusaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mendeskripsikan Peran Kompetensi Guru Akidah Akhlak Dan Mutu Lulusan Madrasah Aliyah Di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah yang meliputi (1) kompetensi pedagogik ; (2) kompetensi kepribadian; (3) kompetensi sosial; dan (4) kompetensi profesional. Hasil penelitian dibahas dalam penulisan yang terdiri 5 bab. Bab I, pendahuluan, bab II landasan teori, bab III tentang metodologi penelitan, bab IV tentang hasil penelitian dan pembahasan, dan bab V tentang simpulan, saran dan rekomendasi. Penelitan ini adalah penelitian kualitaif dengan subjek penelitian sejumlah 22 orang guru mata pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Aliyah di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif evaluatif. Data utama dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan didukung dengan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis evaluative yang dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kompetensi guru Akidah Akhlak berada pada kondisi kompetensi. Secara terperinci dijelaskan sebagai berikut (1) Kompetensi pedagogik guru Akidah Akhlak dilihat dari perencanaan pembelajaran sudah dilakukannya penyusunan perangkat pembelajaran oleh guru Akidah Akhlak, perangkat yang disusun sudah lengkap dan sudah dipergunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Untuk ketersediaan sarana pembelajaran di Madrasah Aliyah Kabupaten Kudus sudah memadai, mendukung untuk proses pembelajaran serta dipergunakan guru dalam proses pembelajaran. (2) Kompetensi profesional guru Akidah Akhlak dalam pelaksanaan pembelajaran dilihat dari pemahaman guru terhadap penyelesaian tugas sesuai dengan alokasi waktu mata pelajarannya, memiliki kepatuhan terhadap alokasi waktu yang diberikan, memulai dan mengakhiri pembelajaran sudah sesuai dengan alokasi waktu mata pelajaran yang diajarkan dan memiliki kelengkapan perangkat pembelajaran, termasuk soal-soal evaluasi, kunci jawaban soal evaluasi, dan pedoman penilaian. guru Akidah Akhlak juga sudah memulai pembelajaran dengan melakukan apersepsi dan memiliki penguasan materi pelajaran dan mampu menunjukkannya dalam proses pembelajaran. (3) Kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlak dalam evaluasi pembelajaran ditunjukkan dengan ketersediaan dokumen penilaian hasil belajar, beragamnya teknik dan metode evaluasi yang dipergunakan serta dilakukannya kegiatan remedial dan tindak lanjut pembelajaran oleh guru. (4) Kompetensi sosial guru Akidah Akhlak Madrasah Aliyah di Kabupaten Kudus dalam berinteraksi dan berkomunikasi di lingkungan Madrasah, siswa, sesama guru, dan lingkungan sosial masyarakat sudah baik, hal ini dibuktikan dengan peran serta guru Akidah Akhlak dalam kegiatan sosial di masyarakat misalnya kegiatan pembagian daging kurban, menjenguk orang sakit dan menolong yang kena musibah. (5) Kompetensi guru Akidah Akhlak Madrasah Aliyah di Kabupaten Kudus ternyata ditinjau dari ke-4 kompetensi guru, sebagaimana disebutkan dalam UU RI No. 14 / 2005 tentang Guru dan Dosen, sudah mendekati sempurna dan kompeten artinya anggapan dan image yang ditujukan kepada guru akidah Akhlak Madrasah Aliyah di Kabupaten Kudus tidak kompeten, ternyata tidak terbukti.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran Kompetensi; Guru Akidah Akhlak; Madrasah Aliyah
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2017 05:53
Last Modified: 04 Feb 2017 05:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/397

Actions (login required)

View Item View Item