Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs NU Matholiul Falah Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Muarif, Khoerul (2020) Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs NU Matholiul Falah Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (266kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (313kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (505kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap kecerdasan emosional peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs NU Matholiul Falah Dawe Kudus tahun pelajaran 2019/2020, serta untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs NU Matholiul Falah Dawe Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif, yaitu peneliti bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih, sedangkan pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan tes. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 49 siswa, Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengaruh metode role playing terhadap kecerdasan emosional peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs NU Matholiul Falah Dawe Kudus tahun pelajaran 2019/2020 tergolong cukup baik dengan kontribusi 9,4% dari penghitungan determinasi. Sesuai dengan nilai T hitung yang lebih besar dari T tabel (2,209 > 1,677), serta didukung dengan nilai signifikansi di bawah 0,05 yaitu 0,032. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode role playing berpengaruh terhadap kecerdasan emosional peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs NU Matholiul Falah Dawe Kudus tahun pelajaran 2019/2020. 2) Pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs NU Matholiul Falah Dawe Kudus tahun pelajaran 2019/2020 tergolong cukup baik dengan kontribusi 8,2% dari penghitungan determinasi. Dengan nilai T hitung kurang dari T tabel (-2,050 < 1,677), serta didukung dengan nilai signifikansi di dibawah 0,05 yaitu 0,046. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode role playing tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs NU Matholiul Falah Dawe Kudus tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Role Playing, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Kognitif.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Apr 2021 02:35
Last Modified: 28 Apr 2021 02:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4025

Actions (login required)

View Item View Item