Penerapan Metode Demonstrasi pada Pembelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Keterampilan Ibadah Siswa Kelas VII di MTs Qodiriyah Harjowinangun Kecematan Dempet Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2018/2019

Khoir, Adibul (2019) Penerapan Metode Demonstrasi pada Pembelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Keterampilan Ibadah Siswa Kelas VII di MTs Qodiriyah Harjowinangun Kecematan Dempet Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (701kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (406kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (336kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (664kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (660kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (503kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (760kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (409kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (481kB)

Abstract

Skripsi Fakultas Tarbiyah, Prodi Pendidikan Agama Islam IAIN Kudus 2019. Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tanpa adanya praktek pendidikan, teori dalam pedidikan akan menjadi kumpulan konsep yang bertebaran dalam roh realitas, sehingga tidak membumi menjadi pijakan dan realitas untuk kemajuan pendidikan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja keterampilan ibadah siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII, untuk mengetahui peningkatan keterampilan ibadah untuk mengetahui pendukung dan penghambat penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Fiqih siswa kelas VII serta untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran Fiqih dalam meningkatkan keterampilan ibadah siswa kelas VII di MTs Qodiriyah Harjowinangun Kecematan Dempet Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan secara deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, (interview) dan dokumentasi terhadap intansi pendidikan yang terkait yaitu MTs Qodiriyah Harjowinangun. Uji keabsahan data ini menggunakan uji kredibilitas, uji Transferability, Dependability, dan confirmability. Dalam penelitian ini diketahui bahwa Keterampilan Ibadah Siswa Pada Mata Pelajara Fiqih Kelas VII di MTs Qodiriyah Harjowinangun Kecamatan Dempet Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2018/2019 diantaranya thaharah. Thaharah ini berupa bersih dari najis, dan hadast, serta dapat bersuci seperti wudhu atau bertayamum. Kemudian melaksanakan shalat. Shalat ini berupa shalat fardhu lima waktu aatau shalat sunnah, baik itu sunnah muakkad atau ghoiru muakkad. Sholat sendirian atau shalat berjamaah, serta dapat berdzikir dan berdo’a setelah melaksanakan shalat. Keterampilan ibadah pada mata pelajaran Fiqih Siswa kelas VII di MTs Qodiriyah Harjowinangun Kecamatan Dempet Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2018/2019 dapat dilihat dari sikap peserta didik dengan minat dan semangat belajar perserta didik meningkat dan lebih aktif dalam proses KBM berlangsung, siswa lebih aktif serta mampu memberikan pendapat ataupun tanggapan mengenai materi yang diberikan pendidik, Kemampuan individual siswa dan kerja sama, serta siswa mampu memahami materi yang disampaikan guru dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran Fiqih dalam meningkatkan keterampilan ibadah siswa kelas VII di MTs Qodiriyah Harjowinangun Kecamatan Dempet Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2018/2019 dimulai dengan membuat persiapan untuk pembelajaran dan perencanaan pembelajaran. Yakni kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup, Penerapan metode ini menunjukkan hubungan aktif antara guru dengan siswa di dalam kelas baik secara individual maupun secara kelompok dengan menggunakan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Kemampuan individual siswa dan kerja sama , serta siswa mampu memahami materi yang disampaikan dan dapat diaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian dilakukannya evaluasi baik evaluasi secara tertulis maupun non tertulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Fiqih, Keterampilan Ibadah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Apr 2021 03:05
Last Modified: 29 Apr 2021 03:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4033

Actions (login required)

View Item View Item