Hubungan Moving Class dengan Kesiapan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Demak Tahun Ajaran 2019/2020

Maulida, Armina Nur (2020) Hubungan Moving Class dengan Kesiapan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Demak Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (565kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (305kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (691kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (549kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (468kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (303kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pelaksanaan moving class di SMP Negeri 2 Demak; (2) Mengukur kesiapan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Demak; (3) Mengetahui hubungan antara moving class terhadap kesiapan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Demak. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data diperoleh melalui angket kepada para responden, kemudian wawancara dengan Wa.Ka.Sek Bidang Komunikasi dan Kerjasama di SMP Negeri 2 Demak, 2 guru mata pelajaran PAI untuk menggali tentang moving class dan sejauh mana kesiapan belajar siswa pada mata pelajaran PAI serta dokumentasi. Setelah proses pengumpulan data maka dilakukan analisis data yang diawali dengan analisis deskriptif, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji homosdekastisitas, selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan Moving Class di SMP Negeri 2 Demak menunjukkan presentase sebesar 73% pada kategori baik. (2) Kesiapan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Demak dapat dikatakan sedang. Hal ini ditunjukkan dengan analisis deskriptif yang ditunjukkan dengan presentase sebesar 76%. (3) Berdasarkan uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan hasil Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan moving class dengan kesiapan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Demak tahun ajaran 2019/2020. Hasil uji korelasi pada kedua variabel sebesar 65,6% maka dapat dikatakan bahwa hubungan kedua variabel kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Moving Class, Kesiapan Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Apr 2021 03:56
Last Modified: 29 Apr 2021 03:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4043

Actions (login required)

View Item View Item