Konsep Adab Belajar Menurut KH. Ahmad Maisur Sindi Al-Thursidi dalam Kitab Tanbihul Muta’alim dengan Pendidikan Islam Di Indonesia

Maknun, Lu’luil (2020) Konsep Adab Belajar Menurut KH. Ahmad Maisur Sindi Al-Thursidi dalam Kitab Tanbihul Muta’alim dengan Pendidikan Islam Di Indonesia. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (390kB)
[img] Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (349kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (693kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (743kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (338kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (364kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)

Abstract

Banyak kasus yang terjadi sekarang adalah maraknya para peserta didik yang tidak lagi memiliki norma-norma atau adab yang baik. Selain itu hal ini berkaitan dengan pembelajran adab yang sangatlah penting, karena tanpa adab, ilmu tersebut kurang menjadi bermanfaat. Berhubungan dengan adab belajar yang sangat penting tersebut Ahmad Masur Sindi adalah seseorang ulama yang mengungkapakan tentang konsep adab dalam belajar lewat karya kitabnya yaitu kitab Tanbihul Muta’alim permasalahan yang akan dibahas oleh peneliti ini adalah konsep adab belajar menurut KH Ahmad Maisur Sindi Al-Thursidi dalam kitab Tanbihul Muta’alim dengan merumuskan masalah 1. Bagaimana konsep adab belajar menurut KH. Ahmad Maisur Sindi Al-Thursidi dalam Kitab Tanbihul Muta’allim? 2. Bagaimana relevansi konsep adab belajar menurut KH. Ahmad Maisur Sindi Al-Thursidi dalam Kitab Tanbihul Muta’allim denganPendidikan Islam di Indonesia? Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan diskriptif- kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mempelajari dan menganalisis dari sumber data-data yang berkaitan dengan penelitian ini. Untuk menganalisis data, dalam penelitian ini menggunakan analisis hermeneutik. Adapun hasil dari penelitian ini adalah : (1) adab peserta didik ketika belajar menurut Ahmad Maisur Sindi Al-Thursidi dalam kitab Tanbihul Muta’alim yaitu adab peserta didik sebelum datang ketempat belajar antara lain mensucikan diri, dengan cara berwudlu, bersiwak memakai pakaian yang bersih dan suci, memakai parfum dan menyiapkan alat-alat belajar. Adab peserta didik ketika pembelajaran berlangsung yaitu ketika belajar peserta didik duduk didekat guru serta bertanya tentang pelajaran yang diajarkan. Adab peserta didik setelah selesai belajar yaitu hendaklah peserta didik mempelajari lagi tentang pembelajaran yang diajarkan oleh guru. (2) Relevansinya dengan pendidikan Islam di indonesia dengan adanya pembelajaran adab memiliki peran nyang baik ketika sebelum dan sesudah belajar sehingga ilmu yang didapat tidak semata-mata hanya ilmu tetapi peserta didik juga memiliki adab untuk bekal kedepanya nanti. Relevansi adab peserta didik menurut Ahmad maisur Sindi Al-Thursidi dengan pendidikan islam diindonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Adab Belajar, Kh. Ahmad Maisur Sindi Al-Thursidi, Kitab Tanbihul Muta’alim, Pendidikan Islam di Indonesia
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Apr 2021 04:06
Last Modified: 29 Apr 2021 04:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4044

Actions (login required)

View Item View Item