Nita, Sofia (2020) Pengaruh Pemberian Motivasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP 2 Jati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (886kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (217kB) |
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (158kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (316kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (532kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (462kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (826kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (240kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (343kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana pemberian motivasi kepada peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP 2 Jati Kudus; 2) Bagaimana hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP 2 Jati Kudus; 3) Apakah ada pengaruh pemberian motivasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP 2 Jati Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa metode yaitu metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP 2 Jati Kudus, kemudian diambil sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu yang menjadi kelas VIII G dengan jumlah 32 peserta didik. Dalam analisis ini peneliti menggunakan analisis statistik yaitu uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) Pemberian motivasi pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP 2 Jati Kudus memiliki dalam kategori baik dengan nilai skor angket motivasi diperoleh nilai rata-rata sebesar 79,9 dan presentase sebesar 78%; 2) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP 2 Jati Kudus dalam ketegori baik. Dibuktikan dengan nilai hasil belajar pada raport semester genap pada tabel distribusi frekuensi diperoleh hasil belajar rata-rata dalam kategori baik sebesar 56,25%; 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemberian motivasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP 2 Jati Kudus. Hal tersebu terlihat nilai nilai thitung sebesar 3,115 dengan nilai ttabel sebesar 2,039 dan nilai sig 0,00. Hal ini berarti thitung 3,115 > ttabel 2,039 dan nilai sig 0,04 < 0,05 dan diperoleh nilai koefisien determinasi yang di notasikan dengan R Square sebesar 0,244. Artinya, variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 24,4%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemberian Motivasi, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 May 2021 03:00 |
Last Modified: | 04 May 2021 03:00 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4078 |
Actions (login required)
View Item |