Implementasi Keterampilan Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI NU Miftahul Ulum Karangampel Kaliwungu Kudus

Hidayah, Heni Naimatul (2020) Implementasi Keterampilan Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI NU Miftahul Ulum Karangampel Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (283kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (470kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (582kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (316kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (530kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (276kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)

Abstract

Pengelolaan kelas merupakan usaha guru menata kehidupan kelas dengan persiapan yang sudah direncanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan agar dapat menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar yang optimal bagi terjadinya proses belajar mengajar di kelas khususnya dalam pembelajaran SKI. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemudian mendeskripsikan (1) implementasi keterampilan pengelolaan kelas dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI NU Miftahul Ulum Karangampel Kaliwungu Kudus; (2) hambatan implementasi pengelolaan kelas dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI NU Miftahul Ulum Karangampel Kaliwungu Kudus dan apa saja upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian riset lapangan (field research). Adapun metode yang digunakan yaitu deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan berbagai cara antara lain wawancara, observasi, pengumpulan dokumentasi. Kemudian di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan pada guru dan calon guru akan pentingnya pengelolan kelas dalam pembelajaran sehingga tercapai sutu tujuan yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya (1) implementasi keterampilan pengelolaan kelas di MI NU Miftahul Ulum Karangampel Kaliwungu Kudus dengan melalui pengaturan peserta didik dan pengaturan fasilitas, kesimpulannya bahwa implementasi keterampilan pengelolaan kelas dalam pembelajaran SKI di MI NU Miftahul Ulum Karangampel Kaliwungu Kudus sudah terlaksana dengan baik. tetapi perlu ditingkatkan lagi oleh guru yakni pada pengaturan peserta didiknya karena masih terdapat beberapa faktor yang belum berjalan sesuai dengan tujuan madrasah. (2) Hambatan bersumber dari lingkungan fisik (fasilitas) yaitu jumlah media pembelajaran yang jumlahnya terbatas sehingga upaya yang dapat dilakukan yaitu dalam penggunaannya harus bergantian. Kemudian mengenai hambatan guru dalam memusatkan perhatian peserta didik yang mengalami kesulitan, upaya yang dilakukan yaitu membuat kelompok belajar. Selanjutnya hambatan yang bersumber dari kedisiplinan peserta didik yang kurang dan kenakalan, upaya yang dilakukan yaitu memberikan nasehat dan mengkomunikasikan dengan orangtuanya. Kendala dalam pembelajaran daring yaitu minimnya sinyal dan kuota.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Keterampilan Pengelolaan Kelas, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 May 2021 03:06
Last Modified: 04 May 2021 03:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4079

Actions (login required)

View Item View Item