Pendidikan Karakter Santri Putri Program Tahfidzul Qur’an Pondok Pesantren Majlis Ta’lim An-Nur Mojolawaran Gabus Pati

Avifah, Nur Farida (2020) Pendidikan Karakter Santri Putri Program Tahfidzul Qur’an Pondok Pesantren Majlis Ta’lim An-Nur Mojolawaran Gabus Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (563kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (343kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (602kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (692kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (461kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (425kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana pendidikan karakter di pondok pesantren majlis ta’lim An-Nur Mojolawaran Gabus Pati, 2) Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kepada santri putri melalui program tahfidzul qur’an di pondok pesantren majlis ta’lim An-Nur Mojolawaran Gabus Pati, 3) Apa sajakah kegiatan yang dilaksanakan dalam upaya penerapan nilai-nilai pendidikan karakter melalui program tahfidzul qur’an pada santri putri pondok pesantren majlis ta’lim An-Nur Mojolawaran Gabus Pati. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, yang menggunakan alat pengumpul data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi guna memperoleh data yang kemudian diolah dan dianalisis hingga diperoleh suaatu kesimpulan. Teknik pengambilan sampling informan penelitian, peneliti lakukan melalui dua tahapan wawancara. Wawancara yang penulis lakukan adalah wawancara secara langsung dan wawancara secara daring (online). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Pendidikan karakter santri putri program tahfidzul qur’an di pondok pesantren majlis ta’lim An-Nur sudah mampu dikategorikan baik. Dengan adanya berbagai peran baik dari pengasuh, ustadz, ustadzah, pengurus dan juga orang tua atau wali santri, upaya-upaya penanaman nilai-nilai karakter menjadi lebih efektif dan efisien. Sehingga santri putri program tahfidzul qur’an mempunyai kemungkinan untuk mampu menjadi santri penghafal Al-Qur’an yang memiliki akhlakul karimah dan cerminan akhlak Al-Qur’an, (2) Nilai-nilai pendidikan karakter santri putri program tahfidzul qur’an di pondok pesantren majlis ta’lim An-Nur terdiri dari karakter disiplin, tanggung jawab, rajin, tawadhu’, ta’dhim, sopan santun, pantang menyerah, sabar, pantang menyerah dan istiqomah, (3) Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka penanaman nilai-nilai karakter santri putri program tahfidzul qur’an di pondok pesantren majlis ta’lim An-Nur terdiri dari mengaji Al-Qur’an, bandongan, khitobah, sima’an, salat berjamaah, burdahan, yasinan, ziarah, dan ro’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, tahfidzul qur’an
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 May 2021 03:22
Last Modified: 05 May 2021 03:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4094

Actions (login required)

View Item View Item