Setiawati, Desi (2020) Implementasi Metode Small Group Discussion (SGD) Dengan Bantuan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kerja Sama Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran SKI di MI NU Nahdlotul Wathon Piji Dawe Kudus Tahun 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (627kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (723kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (817kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (771kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (697kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (814kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah studi penelitian lapangan (Field Research), dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) implementasi metode Small Group Discussion (SGD) dengan bantuan media Audio Visual, (2) untuk mengetahui upaya peningkatan kerjasama siswa kelas IV, dan (3) untuk mengetahui faktor pendukung, penghambat, serta solusi implementasi metode Small Group Discussion (SGD) dengan bantuan media Audio Visual dalam meningkatkan kerja sama siswa kelas IV. Subjek dalam penelitian ini ada 22 orang yang terdiri dari Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, guru mata pelajaran SKI, dan siswa kelas IV yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan mengadakan member check. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data maka diperoleh temuan bahwa salah satu upaya untuk meningkatkan kerja sama siswa adalah dengan mengimplementasikan metode Small Group Discussion (SGD). Temuan tersebut diantaranya: (1) siswa saling membantu dan memecahkan masalah dalam kelompok, (2) saling berbagi tugas, (3) menyelesaikan tugas tepat waktu. Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kerja sama siswa adalah menyatukan pendapat peserta didik, pelibatan seluruh anggota kelompok, mendamaikan setiap perdebatan siswa, dan mengupayakan komunikasi secara terbuka. Faktor pendukung meliputi semangat, tingkat intelegensi peserta didik, minat, kemampuan guru dalam memilih materi, metode, media, sarana prasarana yang memadai, dan motivasi belajar peserta didik dari orang tua yang tinggi. Adapun faktor penghambat meliputi tingkat intelegensi peserta didik yang rendah dan kurangnya kerja sama serta percaya diri peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, dan alokasi waktu yang sulit karena memakan banyak waktu. Solusi yang diberikan guru untuk mengatasi kendala tersebut ialah dengan guru membagi soal tugas masing-masing peserta didik, memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang percaya diri, dan mengulang pembelajaran pada jam dan waktu yang lain
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Small Group Discussion (SGD), Media Audio Visual (Video), Kerja Sama Siswa, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 May 2021 03:47 |
Last Modified: | 05 May 2021 03:47 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4099 |
Actions (login required)
View Item |