Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology Pada Mata Pelajaran Pendidikan Islam di SMP Islam Al-Azhar 46 Pati Tahun Ajaran 2019/2020

Ilma, Ulfiyatul (2020) Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology Pada Mata Pelajaran Pendidikan Islam di SMP Islam Al-Azhar 46 Pati Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (355kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (518kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (651kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (348kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (508kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (331kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Al-Azhar 46 Pati. 2) Dampak penggunaan media pembelajaran berbasis ICT pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Al-Azhar 46 Pati. 3) kelebihan dan kelemahan penggunaan media pembelajaran berbasis ICT pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Al-Azhar 46 Pati. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan berdasarkan metode pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian dilakukan dalam beberapa langkah yaitu merangkum data hasil penelitian dilanjutkan dengan menyajikan data secara sistematis dan diverifikasi untuk memprdalam agar dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitianini menunjukkan bahwa dalam penggunaan media pembelajaran berbasis ICT guru melakukan beberapa tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Media yang digunakan dianataranya adalah I Pad, LCD proyektor, apple pencil, apple TV, sound sistem, komputer, laptop dan jaringan wifi. Pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis ICT memberikan dampak kepada siswa yaitu pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik, sehingga meningkatkan motivasi belajar siswa. Kelebihan dari media pembelajaran berbasis ICT adalah lebih efisien dalam penggunaan waktu, menyenangkan, mempermudah komunikasi antara guru dan siswa, lebih menunjang pembelajaran, mendukung pembelajaran jarak jauh, hemat kertas dan fleksibel. Kelemahan dari penggunaan media pembelajaran berbasis ICT adalah tergantungnya media dengan jaringan wifi dan harga media yang cukup mahal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, ICT, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 May 2021 03:48
Last Modified: 06 May 2021 03:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4115

Actions (login required)

View Item View Item