Muasaroh, Siti (2016) PENERAPAN MODEL MNEMONIK UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATERI HAFALAN DO’A HARIAN (STUDI KASUS DI RA TSAMROTUL HUDA TERGO DAWE KUDUS) TAHUN PELAJARN 2016/2017. Undergraduate thesis, Stain Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (830kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (930kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (891kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (976kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (872kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (863kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan model mnemonik untuk pengembangan kemampuan psikomotorik peserta didik dalam pembelajaran materi hafalan do’a harian 2) Kendala yang dihadapi guru dalam penerapan model mnemonik pada materi hafalan do’a harian 3) Solusi yang dilakukan untuk megatasi kendala yang dihadapi guru dalam penerapan model mnemonik pada materi hafalan do’a harian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara diskriptif kualitatif. Data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara diperoleh dari pendidik mata pelajaran Agama di RA Tsamrotul Huda Tergo Dawe Kudus, kepala sekolah dan wali murid. Kemudian data yang telah terkumpul akan diadakan penganalisaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengetahui penerapan model mnemonik untuk pengembangan kemampuan psikomotorik peserta didik dalam pembelajaran materi hafalan do’a harian. Data penelitian dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan model mnemonik untuk pengembangan kemampuan psikomotorik peserta didik dalam pembelajaran materi hafalan do’a harian berjalan dengan baik yaitu guru menyampaikan materi hafalan do’a harian dengan melafalkan dilagukan (nada/irama) disertai dengan gambar-gambar. Kemudian siswa mengikuti apa yang disampaikan oleh guru secara bersamaan. Hal ini dilakukan agar peserta didik mampu mengikuti materi dengan cepat dan mudah. Sehingga diharapkan kemampuan psikomotorik peserta didik dapat berkembang. Disinilah model mnemonik diterapkan. 2) Kendala yang dihadapi guru dalam penerapan model mnemonik untuk pengembangan kemampuan psikomotorik peserta didik dalam pembelajaran materi hafalan do’a harian antara lain adanya orang tua yang mengikuti peserta didik masuk ke dalam ruangan kelas sehingga membuat guru tidak nyaman dalam menyampaikan materi, kesulitan penguasaan kelas, adanya peserta didik yang pendiam dan sulit beradaptasi dengan teman-temannya. 3) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi guru dalam penerapan model mnemonik pada materi hafalan do’a harian yaitu: a) guru memberikan pengertian kepada orang tua agar mengerti dan melatih anak untuk bersikap mandiri. b) guru menyediakan beberapa mainan yang disesuaikan dengan materi yang diajarkan. c) guru mendekati peserta didik tersebut dan memberikan motivasi yang dapat membangun rasa percaya diri peserta didik sehingga dapat mengikuti pelajaran dengan baik dan mudah untuk berbaur dengan teman-temannya. Dalam hal ini guru RA harus berperan aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mnemonik, Kemampuan Psikomotorik; Do’a Harian |
Subjects: | 200 Agama Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat & Surat-Surat Tertentu 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Feb 2017 03:13 |
Last Modified: | 05 Feb 2017 03:13 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/412 |
Actions (login required)
View Item |