Riyanto, Angga (2019) Implementasi Scientific Approach Pada Pembelajaran SKI di MTs. Tahfidh Putri Yanbu'ul Qur'an 2 Muria Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (322kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (329kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (342kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (489kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (350kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (508kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (318kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (330kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi scientific approach pada pembelajaran SKI di MTs Tahfidh Putri Yanbu'ul Qur'an 2 Muria Kudus. Didalam penelitian terdapat dua rumusan masalah yaitu : (1) Bagaimana implementasi scientific approach pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTs Tahfidh Putri Yanbu'ul Qur'an 2 Muria Kudus, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi scientific approach dalam pembelajaran SKI Kelas VIII di MTs Tahfidh Putri Yanbu'ul Qur'an 2 Muria Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) dan pendekatan kualitatif, dimana dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan dan observasi, dokumentasi, dan wawancara yang diperoleh dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru SKI dan siswi kelas VIII MTs Tahfidh Putri Yanbu'ul Qur'an 2 Muria Kudus, analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan pembelajaran SKI kelas VIII di MTs Tahfidh Putri Yanbu'ul Qur'an 2 Muria Kudus dengan pendekatan Saintifik dilakukan melalui tiga tahap. Yaitu : (a) Tahap perencanaan pembelajaran dilaksanakan dengan membuat dan menyusun perangkat pembelajaran yang tertuang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang menunjukan penggunaan pendekatan saintifik. (b) Tahap Implementasi Pembelajaran, yaitu melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang dilakukan melalui lima kegiatan yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan. (c) Tahap Evaluasi Pembelajaran, yaitu melakukan evaluasi atau penilaian untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, evaluasi yang digunakan antara lain dengan ulangan harian, Penilaian observasi, dan penugasan. (2) Faktor pendukung dalam implementasi scientific approach dalam pembelajaran SKI Kelas VIII di MTs Tahfidh Putri Yanbu'ul Qur'an 2 Muria Kudus yaitu; (a) Kompetensi guru dengan kegiatan pelatihan atau seminar dan kegiatan supervisi pembelajaran. (b) Adanya respon yang baik dari peserta didik. (c) Adanya fasilitas dan sarana prasarana pendukung yang cukup lengkap. Faktor penghambat yaitu antara lain; (a) Masih ada peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. (b) Media video pembelajaran yang relevan dengan materi SKI masih terbatas. (c) Alokasi waktu atau Jam pelajaran yang terbatas sehingga langkah-langkah scientific approach berjalan kurang efektif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Scientific Approach, Pembelajaran SKI |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 06 May 2021 04:41 |
Last Modified: | 06 May 2021 04:41 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4122 |
Actions (login required)
View Item |