Identifikasi Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di MI Sabilul Ulum Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019

Aulia, Na’la Anzaha (2019) Identifikasi Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di MI Sabilul Ulum Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (281kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (384kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (589kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (339kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (478kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (225kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (354kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) Bagaimana proses pembelajaran matematika di MI Sabilul Ulum Mayong Jepara; (2) Faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI Sabilul Ulum Mayong Jepara; (3) Bagaimana upaya dalam mengatasi penurunan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI Sabilul Ulum Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MI Sabilul Ulum Mayong Jepara. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Dalam menjamin keabsahan data, peneliti menggunakan validitas trianggulasi sumber yaitu membandingkan dan mengecek kembali derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan cara yang berbeda. Waktu yang berbeda yaitu melakukan pengecekan dengan wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan cara yang berbeda yaitu data diperoleh dengan wawancara kemudian dicek dengan observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran matematika di MI Sabilul Ulum Mayong Jepara belum kondusif, hal ini dibuktikan dengan adanya faktor-faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya karena menurut peserta didik materi matematika yang diajarkan mempunyai kesulitan dari pada mapel yang lainnya. Peserta didik kebanyakan memilih untuk berbicara sendiri, melamun, berlarian keluar, bahkan bertengkar dari pada memperhatikan pendidik yang sedang mengajar. Akibatnya nilai yang diperolehnya masih dibawah standar ketuntasan. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI Sabilul Ulum Mayong Jepara yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu faktor dari diri peserta didik seperti: malas belajar, kesulitan belajar, dan konsentrasi belajar. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor dari luar diri peserta didik seperti: lingkungan sosial, perhatian orang tua, dan sarana prasarana mengajar. (3) Upaya dalam mengatasi penurunan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI Sabilul Ulum Mayong cukup signifikan, hal ini dilakukan untuk mengatasi faktor-faktor menyebabkan rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Solusi problem dalam mengatasi faktor internal seperti: memberi motivasi kepada siswa, mengaktifkan peserta didik, pendidik harus mengeraskan suara, memberikan sebuah nyanyian. Solusi Problem dalam mengatasi faktor eksternal seperti: memberikan bimbingan konseling, menjalin komunikasi baik antar madrasah dengan orang tua, pendidik memilih metode yang cocok untuk peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Siswa
Subjects: Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 06 May 2021 06:53
Last Modified: 06 May 2021 06:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4124

Actions (login required)

View Item View Item