Upaya Mengintegrasikan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Lagu Tembang Lir-Ilir Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Miftahul Falah Sambirejo Tahun 2019/2020

Abidin, Mohammad Zaenal (2020) Upaya Mengintegrasikan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Lagu Tembang Lir-Ilir Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Miftahul Falah Sambirejo Tahun 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (137kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (474kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (580kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (283kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (535kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penuruan pendidikan karakter siswa yang terjadi pada setiap tahun dilembaga pendidikan, seperti di MTs Miftahul Falah Sambirejo, para siswanya mengangalami penurunan nilai karakter yang berupa sikap religi, sopan santun dan kreativitas. Pada tembang lir-ilir karya Sunan Kalijaga memiliki banyak sekali nilai-nilai pendidikan karakter. Akan tetapi dari siswa atau pun lembaga sendiri masih jarang sekali mengetahui akan hal itu. Maka karena itu penulis ini mengetahui upaya mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter lagu tembang lir-ilir pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Miftahul Falah Sambirejo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dalam perjalanan pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk menguatkan hasil penelitian, penulis melampirkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis adalah upaya mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter lagu tembang lir-ilir serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam upaya mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter lagu tembang lir-ilir pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Miftahul Falah Sambirejo. Faktor pendukungnya terdiri dari kualitas guru dalam mengajar, materi ajar, siswa dan sarana prasarana. Sedangkan dari sisi faktor penghambatnya terdiri dari media pembelajaran dan perbedaan individu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tembang Lir-ilir, Motivasi Belajar, Aqidah Akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 May 2021 03:23
Last Modified: 07 May 2021 03:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4141

Actions (login required)

View Item View Item