Strategi Guru dalam Penggunaan Perpustakaan sebagai Media Edukasi bagi Siswa di MI NU Khurriyatul Fikri Pasuruhan Lor Jati Kudus

Fatmariza, Ainun (2020) Strategi Guru dalam Penggunaan Perpustakaan sebagai Media Edukasi bagi Siswa di MI NU Khurriyatul Fikri Pasuruhan Lor Jati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (678kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (311kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (316kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (454kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (344kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (511kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi guru dalam penggunaan perpustakaan sebagai media edukasi bagi siswa MI NU Khurriyatul Fikri Pasuruhan Lor Jati Kudus. (2) faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan perpustakaan sebagai media edukasi bagi siswa MI NU Khurriyatul Fikri Pasuruhan Lor Jati Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas VA, serta siswa kelas VA MI NU Khurriyatul Fikri Pasuruhan Lor Jati Kudus. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data meliputi uji kredibilitas yang terdiri dari peningkatan ketekunan, perpanjangan pengamatan, triangulasi, serta menggunakan bahan referensi. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari data collection, data reduction, data display dan verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) strategi atau cara yang dilakukan guru dalam penggunaan perpustakaan sebagai media edukasi bagi siswa di MI NU Khurriyatul Fikri Pasuruhan Lor Jati Kudus, yaitu: (a) meminta siswa membaca materi selama 5 menit sebelum pelajaran inti dimulai. (b) mengarahkan siswa untuk ke Perpustakaan sesuai mata pelajaran. (c) menggunakan media elektronik dan jaringan internet sebagai sarana penunjang penggunaan perpustakaan. (d) membuat kelompok diskusi dan memberikan tugas meringkas kepada siswa, lalu meminta siswa mencari jawabannya melalui bahan rujukan yang ada diperpustakaan dan media online. 2) faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan perpustakaan sebagai media edukasi bagi siswa di MI NU Khurriyatul Fikri Pasuruhan Lor Jati Kudus adalah faktor pendukung meliputi rasa keingintahuan siswa yang tinggi,perkembangan teknologi dan informasi, serta kompetensi guru. Sedangkan faktor penghambatfasilitas yang kurang mendukung seperti kurangnya meja dan kursi baca membuat kurang nyamannya siswa untuk belajar di perpustakaan, kurangnya koleksi bahan pustaka, dan terjadinya double job guru yang membuat satu pekerjaan tidak terselesaikan dengan maksimal, dan kesulitan membaca yang dialami siswa kelas rendah yang membuat siswa minder dan malas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran guru, Penggunaan Perpustakaan, Era Digital
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 07 May 2021 04:16
Last Modified: 07 May 2021 04:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4143

Actions (login required)

View Item View Item