Pujiatun, Sri (2020) Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (84kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (109kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (174kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (288kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (793kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (78kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (82kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) terhadap Motivasi Belajar siswa pada Mata Pelajaran Fiqih kelas XI MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Spiritual (SQ) terhadap Motivasi Belajar siswa pada Mata Pelajaran Fiqih kelas XI MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. 3) Untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) terhadap Motivasi Belajar siswa pada Mata Pelajaran Fiqih kelas XI MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (Field Research) suartu penelitian dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data dan informasi. Adapun pendekatan yang dilakukan peneliti yaitu pendekatan kuantitatif. Teknik pengum[pulan data dengan observasi, angket dan dokumentasi. Peneliti melakukan studi lapangan di MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. Populasi pada penelitian ini terdiri dari seluruh peserta didik kelas XI 241 peserta didik kemudian diambil sampel sebanyak 63 menggunakan teknik simple rundom sampling. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang positif antara kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas XI MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. Hal ini terbukti dari perhitungan diperoleh rhitung 0,7189 > rtabel 0,2441 yang menunjukkan terdapat korelasi positif antar variabel, adapun kecerdasan emosional memberikan kontribusi sebesar 51,78% terhadap motivasi belajar peserta didik 2) Terdapat pengaruh yang positif antara kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas XI MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. Hal ini terbukti dari perhitungan diperoleh rhitung 0,6478 > rtabel 0,2441 yang menunjukkan terdapat korelasi positif antar variabel, adapun kecerdasan spiritual memberikan kontribusi sebesar 41,96 terhadap motivasi belajar peserta didik. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas XI MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. Hal ini terbukti dari perhitungan diatas menyatakan bahwa bahwa freg lebih besar dari ftabel (85,179 > 4,00) dengan persamaan regresi Ῠ = 36,13 + (1,403)X1 + 0,363X2. Adapun hasil nilai R2 sebesar 0,607 artinya kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual mempengaruhi motivasi belajar siswa sebesar 60,7%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153.9 Kecerdasan dan Bakat, Intelegensia 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153.9 Kecerdasan dan Bakat, Intelegensia > IQ, EQ, ESQ 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 20 May 2021 04:19 |
Last Modified: | 20 May 2021 04:19 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4208 |
Actions (login required)
View Item |