Pola Pengembangan Komunikasi Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Pengunjung Pagar Pelangi Di Pondok Roudlotun Nasyi’in Ashiddqiyyah Rembang

Muti’ah, Muti’ah (2020) Pola Pengembangan Komunikasi Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Pengunjung Pagar Pelangi Di Pondok Roudlotun Nasyi’in Ashiddqiyyah Rembang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (979kB)
[img] Text
2. ABSTRAK ,,.pdf

Download (239kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (391kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (223kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (682kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini di antaranya adalah : Pertama, untuk mendeskripsikan rencana pola pengembangan komunikasi anak berkeutuhan khusus. Kedua, untuk menjelaskan praktik komunikasi ABK di pondok RN ASA. Ketiga, untuk menjelaskan pola pengembangan komunikasi untuk ABK. Peneliti menggunakan penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penilitian ini diperoleh dari sumber data primer. Subyek penelitian ini adalah pengasuh pondok, pendamping, dan anak berkebutuhan khusus. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rencana Pondok RN ASA dalam rencana meningkatkan pola komunikasi anak yang berkebutuhan khusus melalui taman pagar pelangi inklusif masih menggunakan komunikasi satu arah. Praktik komunikasi ABK di pondok RN ASA Rembang diantaranya yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal untuk beberapa ABK jenis tuna rungu dan tuna wicara. Pola pengembangan komunikasi untuk ABK di Pondok RN ASA Model komunikasi ABK di pondok RN ASA menggunakan dua model komunikasi yaitu linear dan sirkuler. Pola pengembangan tour guide di pagar pelangi merupakan fenomena sosial yang menggambarkan interaksi antarpersonal diadik dan kelompok kecil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, dan Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi
300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi
300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi

300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 May 2021 02:15
Last Modified: 24 May 2021 02:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4234

Actions (login required)

View Item View Item