Analisis Pengelolaan Kelas Dengan Pendekatan Otoriter Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas V MI NU Nurul Huda Kacu Banget Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021

Viana, Nurul Aulia (2020) Analisis Pengelolaan Kelas Dengan Pendekatan Otoriter Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas V MI NU Nurul Huda Kacu Banget Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. C0VER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (334kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (220kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (398kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mendeskripsikan implementasi pengelolaan kelas dengan pendekatan otoriter dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas V MI NU Nurul Huda Kacu Banget Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. (2) Untuk menndeskripsikan faktor penghambat dan pendukung pada penerapan pengelolaan kelas dengan pendekatan otoriter dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas V MI NU Nurul Huda Kacu Banget Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti melalukan wawancara kepada kepala madrasah, wali kelas V, dan peserta didik kelas V. Kemudian analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil analisis data yang didapatkan dari temuan-temuan dalam penelitian adalah sebagai beriku: Pertama, implementasi pengelolaan kelas dengan pendekatan otoriter dalam membentuk karakter disiplin kelas V MI NU Nurul Huda Kacu Banget Kaliwungu Kudus meliputi tiga tahap yaitu: 1) Tahap persiapan dan perencanaan yaitu guru mempersiapkan pengelolaan kelas, pengelolaan materi ajar, dan pengelolaan sumber belajar. 2) Tahap pelaksanaan pengelolaan dengan pendekatan otoriter yaitu guru berperan sebagai pemimpin, pembimbing, dan pengawas. Pada pelaksaannya guru membuat aturan-aturan di dalam kelas yang harus dipatuhi oleh siswa guna menciptakan kelas yang kondusif. Guru juga memiliki wewenang untuk memberikan hukuman pada siswa yang melanggar aturan. 3) Tahap evaluasi yaitu guru memberikan penilaian terhadap hasil siswa selama proses pembelajaran pada aspek pengetahuan dan aspek sikap. Kedua, Faktor pendukung dan faktor penghambat pengelolaan kelas dengan pendekatan otoriter dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas V MI NU Nurul Huda Kacu Banget Kaliwungu Kudus yaitu: a) Faktor pendukungnya adalah guru dan sarana prasana. b) Faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran diri siswa akan pentingnya kedisiplinan dan jumlah siswa yang banyak dalam satu kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan kelas, pendekatan otoriter, karakter disiplin.
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 May 2021 01:46
Last Modified: 25 May 2021 01:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4252

Actions (login required)

View Item View Item