Muniroh, Siti (2020) Implementasi Metode Drill Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MI AL Islam Dempet Demak Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (129kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (331kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (396kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (159kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (468kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (128kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan Implementasi Metode Drill Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MI AL Islam Dempet Demak. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dari Implementasi Metode Drill Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MI AL Islam Dempet Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data-data diperlukan, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Bahasa Arab dan siswa kelas VI A MI AL Islam Dempet Demak. Sedangkan penelitian ini adalah implementasi metode drill untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VI pada mata pelajaran bahasa arab. Adapun teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Metode Drill Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab kelas atas di MI AL Islam Dempet Demak dilakukan Pada tahap persiapan guru menyiapkan silabus dan dan menyusun Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), guru mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan ketika pembelajaran, model pembelajaran, dan metode pembelajaran. Ditahap pelaksanaan guru menyampaikan materi, kemudian meminta siswa untuk membaca mufrodat atau bacaan secara berulang-ulang. Pada mulanya diminta untuk membaca mufrodat beserta artinya dibaca dengan bersama-sama dibaca selama 3-5 kali secara berulangulang. Setelah itu guru menggunakan bantuan kartu yang berisikan kalimat sesuai dengan tema yang satu berisikan lafal dan yang staunya lagi makna/arti bacaan tersebut. Guru membagi sebuah kartu dibagikan secara diacak agar siswa paham dan bisa baca apa yang di terimanya. Dengan cara menemukan pasangannya yang sesuai dengan yang terima. Ditahap akhir guru melakukan evaluasi dengan siswa diminta untuk mengerjakan soal dibuku paket serta belajar dan berlatih membaca. 2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi metode drill Faktor pendukung meliputi penyesuaian materi yang tepat, interaksi siswa dan guru baik, sarana prasaran ya cukup memadai, kesabaran guru dalam melatih siswa yang kesulitan membaca, dan dukungan orang tua. sedangkan faktor penghambat meliputi buku-buku pokok dan pendukung belum tersedia secara maksimal, tidak semua siswa lancar membaca dan memahami, rendahnya minat siswa untuk belajar, dan diajak fokus susah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Drill, Keterampilan,Membaca Pemahaman, Pelajaran, Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 May 2021 02:07 |
Last Modified: | 27 May 2021 02:07 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4262 |
Actions (login required)
View Item |