Nida’, Choirin (2020) Pengaruh Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA 1 Gebog. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (126kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI FIK.pdf Download (81kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (122kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (312kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (10MB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (75kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA fiks.pdf Download (80kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk (1) Mengetahui komunikasi guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA 1 Gebog. (2) Mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA 1 Gebog. (3) Mengetahui pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA 1 Gebog. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Subyek Penelitian ini adalah 64 orang siswa kelas X IPS tahun ajaran 2019/2020 di SMA 1 Gebog yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang dibuat dalam bentuk google form dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Komunikasi guru mata pelajaran PAI termasuk dalam kategori sangat tinggi yaitu 68.83. (2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI termasuk dalam kategori tinggi yaitu 75.27. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA 1 Gebog dengan persamaan garis regresi analisis yakni Ŷ= 20.488 + 0.796X. Sementara hasil dari analisis signifikansi dengan rumus F diperoleh nilai Freg sebesar 33.56. Kemudian nilai tersebut dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sebesar 3,99. Karena harga Freg>Ftabel, maka persamaan regresi tersebut menunjukkan signifikan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa, yang artiya Ha diterima. Nilai besarnya pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA 1 Gebog diperoleh nilai rxy = 0.593 dengan kontribusi sebesar 35,12%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Guru, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 28 May 2021 02:08 |
Last Modified: | 28 May 2021 02:08 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4282 |
Actions (login required)
View Item |