Pengaruh Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA 1 Gebog

Nida’, Choirin (2020) Pengaruh Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA 1 Gebog. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (126kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI FIK.pdf

Download (81kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (312kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (10MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA fiks.pdf

Download (80kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk (1) Mengetahui komunikasi guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA 1 Gebog. (2) Mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA 1 Gebog. (3) Mengetahui pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA 1 Gebog. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Subyek Penelitian ini adalah 64 orang siswa kelas X IPS tahun ajaran 2019/2020 di SMA 1 Gebog yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang dibuat dalam bentuk google form dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Komunikasi guru mata pelajaran PAI termasuk dalam kategori sangat tinggi yaitu 68.83. (2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI termasuk dalam kategori tinggi yaitu 75.27. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA 1 Gebog dengan persamaan garis regresi analisis yakni Ŷ= 20.488 + 0.796X. Sementara hasil dari analisis signifikansi dengan rumus F diperoleh nilai Freg sebesar 33.56. Kemudian nilai tersebut dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sebesar 3,99. Karena harga Freg>Ftabel, maka persamaan regresi tersebut menunjukkan signifikan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa, yang artiya Ha diterima. Nilai besarnya pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA 1 Gebog diperoleh nilai rxy = 0.593 dengan kontribusi sebesar 35,12%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Guru, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 28 May 2021 02:08
Last Modified: 28 May 2021 02:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4282

Actions (login required)

View Item View Item