Suyoto, Suyoto (2020) Keefektifan Pengelolaan Administrasi Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAI di SMK Nurul Qur’an Tegalwero Pucakwangi Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (3MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (462kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (211kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (306kB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (395kB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (311kB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (412kB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (445kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (502kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana pengelolaan administrasi pendidikan di SMK Nurul Qur’an Tegalwero Pucakwangi Pati. 2) Mengetahui bagaimana kinerja guru PAI di SMK Nurul Qur’an Tegalwero Pucakwangi Pati. 3) Mengetahui bagaimana keefektifan pengelolaan administrasi pendidikan dalam meningkatkan kinerja guru PAI di SMK Nurul Qur’an Tegalwero Pucakwangi Pati. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan uji kredibilitas yang meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasinya meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Sedangkan teknik analisis datanya terdiri dari data reduction, data display, dan conclusion drawing /verification. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengelolaan administrasi pendidikan di SMK Nurul Qur’an Tegalwero Pucakwangi Pati meliputi 5 bidang yaitu yang Pertama, di bidang kurikulum diantaranya dengan menyusun kegiatan yang berhubungan dengan rencana kegiatan tahunan dan melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar. Kedua, di bidang TU (Tata Usaha) pengelolaannya salah satunya dengan mengurus korespondensi, keuangan dan pembukuannya, serta ikut pengangkatan pemindahan guru. Ketiga, di bidang personalia murid pengelolaannya dengan pendataan siswa dan mengelola organisasi dan ekstrakurikuler. Keempat, di bidang personalia guru pengelolaannya yaitu dengan pengangkatan, penempatan serta penataan ijasah atau sertifikat guru. Kelima, di bidang pengawasan (supervisi) proses pengelolaannya dengan kegiatan supervisi menggunakan instrumen supervisi manajerial atau akademik dan penilaian kinerja guru. 2) Kinerja guru PAI di SMK Nurul Qur’an Tegalwero Pucakwangi Pati dalam administrasi pendidikan sudah cukup baik namun kurang mahir dalam mengoperasionalkan IT, kinerja guru kurang maksimal, fasilitas sarana prasarana yang kurang, kesejahteraan guru kurang memadai, iklim kerja kurang kondusif, usia guru lanjut usia dan kurang adanya kekompakan guru dalam bekerja sehingga mempengaruhi dalam pengelolaan administrasi pendidikan di SMK Nurul Qur’an khususnya Guru PAI 3) Keefektifan pengelolaan administrasi pendidikan dalam meningkatkan kinerja guru di SMK Nurul Qur’an Tegalwero Pucakwangi Pati cukup baik namun masih ada banyak kekurangan yang harus dipenuhi agar lebih baik lagi diantaranya dengan menyediakan lab komputer, mengikuti KKG, mengikuti pelatihan seperti seminar, diklat, workshop, BIMTEK, mengadakan pelatihan IT bersama, memberikan motivasi dan penghargaan kepada guru, manajemen keuangan dengan mengatur anggaran dana diawal tahun, melakukan komunikasi baik antar guru, manajemen sarana dan prasarana, dan manajerial kepala sekolah sangat penting untuk meningkatkan kinerja guru dalam pengelolaan administrasi pendididkan di SMK Nurul Qur’an Tegalwero Pucakwangi Pati.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Administrasi Pendidikan, Kinerja Guru |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 31 May 2021 02:18 |
Last Modified: | 31 May 2021 02:18 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4295 |
Actions (login required)
View Item |