Pengaruh Metode Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Dalam Materi Membilang Banyak Benda Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II Di MI At-Tanwir Ngawen Wedung Demak Tahun Ajaran 2019/2020

Faza, Fina Ulya (2020) Pengaruh Metode Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Dalam Materi Membilang Banyak Benda Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II Di MI At-Tanwir Ngawen Wedung Demak Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER- KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (652kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (493kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (653kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (753kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (340kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui penerapan metode pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan kognitif peserta didik dalam materi membilang banyak benda mata pelajaran Matematika di kelas II MI At-Tanwir Ngawen Wedung Demak, (2) Mengetahui kemampuan kognitif peserta didik dalam materi membilang banyak benda mata pelajaran Matematika di kelas II MI At-Tanwir Ngawen Wedung Demak, (3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan kognitif peserta didik dalam materi membilang banyak benda pada mata pelajaran Matematika di kelas II MI At-Tanwir Ngawen Wedung Demak. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research), yaitu di mana peneliti langsung terjun ke lapangan untuk memperoleh data yang benar-benar dapat dipercaya sebagai bahan kajian. Lapangan penelitian yang peneliti ambil tempat yaitu di kelas dan lingkungan madrasah MI At-Tanwir Ngawen Wedung Demak. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang menekankan analisis pada data numerical (angka) yang diolah dengan metodes tatistik. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode interview, metode angket, metodedokumentasi dan metode tes. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas II MI At-Tanwir Ngawen Wedung Demak yang berjumlah 30. Cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dikatakan simple karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut, dengan taraf signifikan 5 % maka diperoleh jumlah sampel 28. Dalam analisis ini penulis menggunakanan analisis statistik yaitu regresi dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan metode picture and picture pada mata pelajaran matematika di MI At-Tanwir Ngawen Wedung Demak kelas II dalam kategori cukup, yaitu sebesar (rentang interval 63,75–67,5), 2) Kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran matematika di MI At-Tanwir Ngawen Wedung Demak kelas II dalam kategori tinggi, yaitu sebesar 34 (rentang interval 33–35). Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode picture and picture terhadap Kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran matematika di MI At-Tanwir Ngawen Wedung dengan persamaan regresi Ŷ = + X. Di MI At-Tanwir Ngawen Wedung Demak metode picture and picture ini memiliki hubungan yang positif dan signifikan sebesar 0,577 yang termasuk dalam kategori sedang dan dapat memberikan kontribusi bagi kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran matematika sebesar 33,3 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: MetodePicture and Picture, Kemampuan Kognitif.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 May 2021 02:28
Last Modified: 31 May 2021 02:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4297

Actions (login required)

View Item View Item