Manajemen Pembelajaran PAI Berbasis Blanded Learning dalam Mengembangkan Multiple Intellegence Peserta Didik di MA Miftahut Thullab Cengkalsewu Sukolilo Pati

Maghfiroh, Anis (2020) Manajemen Pembelajaran PAI Berbasis Blanded Learning dalam Mengembangkan Multiple Intellegence Peserta Didik di MA Miftahut Thullab Cengkalsewu Sukolilo Pati. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (757kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (308kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
4. BAB I pdf.pdf

Download (311kB)
[img] Text
5. BAB II pdf.pdf

Download (427kB)
[img] Text
6. BAB III pdf.pdf

Download (280kB)
[img] Text
7. BAB IV pdf.pdf

Download (382kB)
[img] Text
8. BAB V pdf.pdf

Download (154kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf

Download (110kB)

Abstract

Penulisan tesis ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi yang seharusnya dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap pendidikan sehingga pembelajaran dapat mengkombinasikan antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran memanfaatkan teknologi atau pembelajaran berbasis blanded learning. Tesis ini terdapat rumusan masalah diantaranya : (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI berbasis blended learning dalam mengembangkan multiple intellegence peserta didik di MA Miftahut Thullab Cengkalsewu Sukolilo Pati?; (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis blended learning dalam mengembangkan multiple intellegence peserta didik di MA Miftahut Thullab Cengkalsewu Sukolilo Pati?; (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI berbasis blended learning dalam mengembangkan multiple intellegence peserta didik di MA Miftahut Thullab Cengkalsewu Sukolilo Pati? Tesis ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mana peneliti sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian dari tesis ini adalah perencanaan pembelajaran PAI berbasis blended learning dalam mengembangkan multiple intellegence peserta didik di MA Miftahut Thullab adalah guru PAI merancang dan menyusun bahan-bahan materi, media, dan metode pembelajaran yaitu merancang RPP kemudian menyiapkan sarpras yang mendukung proses pembelajaran seperti komputer, LCD proyektor, wifi dan teknologi lainnya. Pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis blended learning dalam mengembangkan multiple intellegence peserta didik di MA Miftahut Thullab yaitu guru memberi tugas kepada peserta didik mencari materi yang akan diajarkan. Setelah menemukan materi ataupun video yang sesuai dengan materi pembelajaran, maka tahap selanjutnya adalah materi disajikan dengan menggunakan LCD proyektor dan di diskusikan dengan kelompok belajar masing-masing. Evaluasi pembelajaran PAI berbasis blended learning dalam mengembangkan multiple intellegence peserta didik di MA Miftahut Thullab guru memberikan tugas kepada siswa meresume materi, kemudian peserta didik diskusi kelompok dengan tema yang sudah ditentukan. Peserta didik secara mandiri mencari sumber belajar yang lebih banyak dan mereka bisa lebih aktif, efektif dan kreatif dalam mengolah dan merangkai bahasa secara maksimal. Melalui tugas guru PAI kepada peserta didik maka guru dapat mengetahui perkembangan multiple intellegence peserta didik. Melalui pembelajaran PAI berbasis blanded learning maka multiple intellegence yang berkembang ada empat yaitu: linguistik, spasial, interpersonal, dan intrapersonal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, Blanded Learning dan Multiple Intelegence
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 May 2021 02:33
Last Modified: 31 May 2021 02:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4298

Actions (login required)

View Item View Item