Peranan Guru Kelas sebagai Teladan dalam Pembentukan Kepribadian Peserta Didik di MI NU Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus Tahun 2019/2020

Ni’mah, Ulin (2020) Peranan Guru Kelas sebagai Teladan dalam Pembentukan Kepribadian Peserta Didik di MI NU Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus Tahun 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (452kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (643kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (263kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (713kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (293kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kepribadian peserta didik di MI NU Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus; 2) Untuk mengetahui peranan guru kelas sebagai teladan dalam pembentukan kepribadian peserta didik di MI NU Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus; 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru kelas sebagai teladan dalam pembentukan kepribadian peserta didik di MI NU Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan observasi, wawancara dan dokumentasi berupa data-data tentang gambaran MI NU Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus. Adapun metode sampling yang digunakan yakni purposive sampling (sampel bertujuan). Informan dalam penelitian ini adalah 13 orang di antaranya kepala madrasah, 6 guru kelas dan 6 peserta didik MI NU Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus. Sedangkan analisis data kualitatif adalah teknik mencari dan memahami data yang diperoleh secara sistematis melalui proses reduksi data (merangkum data), mendisplay data (menyajikan data dalam sebuah tampilan) dan verifikasi data (pembuktian/konfirmasi data) sehingga dapat mudah dipahami dan dikonfirmasikan kepada orang lain. Hasil analisis data diperoleh temuan-temuan yakni 1) Kepribadian yang dimiliki peserta didik di MI NU Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus itu berbeda-beda yaitu choleris, melancholis, phlegmatis dan sanguinis. Penggolongan peserta didik dalam tipe kepribadian sebagai berikut: a) Tipe kepribadian choleris berdasarkan perilaku yang ditunjukkan seperti emosional dalam bertindak, tidak mudah patah semangat dan optimis, b) Tipe kepribadian melancholis berdasarkan perilaku yang ditunjukkan seperti pesimistis dan mudah kecewa, c) Tipe kepribadan phlegmatis berdasarkan perilaku yang ditunjukkan seperti pendiam, tenang, sabar dan tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan, d) Tipe kepribadian sanguinis berdasarkan perilaku yang ditunjukkan seperti suka berbicara, penuh rasa ingin tahu dan penuh semangat. Kepribadian yang dimiliki setiap peserta didik menjadi ciri khas dan pembeda peserta didik satu dengan yang lainnya. 2) Peranan guru kelas sebagai teladan dalam pembentukan kepribadian peserta didik di MI NU Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus meliputi: menanamkan kedisiplinan kepada peserta didik, berkata lemah lembut, berperilaku sopan dan menjaga penampilan. 3) Faktor pendukung dan penghambat guru kelas sebagai teladan dalam pembentukan kepribadian peserta didik sebagai berikut: a) Faktor pendukung guru kelas sebagai teladan dalam pembentukan kepribadian peserta didik di antaranya faktor internal (faktor genetis) dan faktor eksternal (lingkungan keluarga, faktor kebudayaan dan lingkungan sekolah), b) Faktor penghambat guru kelas sebagai teladan dalam pembentukan kepribadian peserta didik di antaranya lingkungan keluarga dan teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peranan Guru kelas, Guru kelas sebagai Teladan, Kepribadian Peserta Didik
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 31 May 2021 03:09
Last Modified: 31 May 2021 03:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4303

Actions (login required)

View Item View Item