Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih

FIRDAUSIYAH, NURUL (2020) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER - Kata Pengantar.pdf

Download (737kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (295kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (369kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (477kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (315kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (203kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)

Abstract

Pelaksanaan proses pembelajaran fiqih dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle sangat efektif digunakan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik, kemandirian, kecerdasan pada diri masing-masing peserta didik dan meningkatkan kecerdasan peserta didik. Model ini menekankan pada pengetahuan mereka lewat keterlibatan dalam proses belajar, sehingga proses belajar mengajar berpusat pada peserta didik dan pendidik hanya sebagai fasilitator. Skripsi ini bertujuan untuk 1) mengetahui penerapan model pembelajaran Learning Cycle, 2) mengetahui peningkatan pemahaman siswa pada mapel fiqih, 3) mengetahui penerapan model pembelajaran Learning Cycle untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitaitif dengan jenis riset kepustakaan (library research) dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data dengan pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis) dan teknik deskriptif analitik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di dapatkan hasil sebagai berikut; pertama, Langkah-Langkah Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle yaitu: membentuk kelompok, adanya pemberian pretes oleh gum kepada siswa, guru menyampaikan materi pembelajaran fiqih, Elaboration (pengembangan) dan Evaluation (Evaluasi), kedua pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih materi thaharah cenderung biasa-biasa saja hal ini dikarenakan hanya berpusat pada guru. Dan ketiga penerapan model pembelajaran Learning Cycle untuk meningkatkan pemahaman siswa dapat berjalan efektif jika gum memfasilitasi siswa dengan tahapan-tahapan sesuai model pembelajaran Learning Cycle yaitu Engagement (pembangkitan minat), Exploration (ekplorasi), Explanation (penjelasan), Elaboration (pengembangan), Evaluation (evaluasi), sehingga pernbelajaran berjalan secara optimal dan tujuan pembelajaran dapat tercapai, yaitu bertambahnya nilai basil belajar dan perubahan sikap siswa semakin bersemangat menunjukkan pemahaman siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Learning Cycle , Pemahaman Siswa, Mata Pelajaran fiqih.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Jun 2021 06:49
Last Modified: 02 Jun 2021 06:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4314

Actions (login required)

View Item View Item