Pengaruh Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Sikap Optimis Terhadap Perilaku Harga Diri (Self Esteem) Peserta Didik Kelas V Di Mi Nu Raudlatut Tholibin Jepangpakis Jati Kudus Tahun Pelajaran 2020 – 2021

NAIMAH, NUR FAIZATUN (2020) Pengaruh Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Sikap Optimis Terhadap Perilaku Harga Diri (Self Esteem) Peserta Didik Kelas V Di Mi Nu Raudlatut Tholibin Jepangpakis Jati Kudus Tahun Pelajaran 2020 – 2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (829kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (572kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (567kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (786kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (222kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)

Abstract

Materi sikap optimis dan perilaku harga diri siswa merupakan 2 hal yang sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Dengan menggunakan mata pelajaran aqidah akhlak materi sikap optimis dapat meningkatkan perilaku harga diri (self esteem) peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh mata pelajaran aqidah akhlak materi sikap optimis terhadap perilaku harga diri (self esteem) peserta didik kelas V MI NU Raudlatut Tholibin Jepangpakis Jati Kudus Tahun Pelajaran 2020-2021. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan populasi siswa kelas V Di MI NU Raudlatut Tholibin Jepangpakis Jati Kudus Tahun Pelajaran 2020-2021. Sampel penelitian berjumlah 50 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Pengujian hipotesis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis penelitian ini adalah 1) Dari pemahaman peserta didik kelas V pada mata pelajaran aqidah akhlak materi sikap optimis di MI NU Raudlatut Tholibin Jepangpakis Jati Kudus di dapatkan nilai rata- rata dari variabel pemahaman peserta didik adalah sebesar 42,34 atau dipersentasikan sekitar 44% pada frekuensi 22, dan hal tersebut termasuk dalam kategori Cukup. Ini diperlihatkan dari sebagian responden yang sedang – sedang saja dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran aqidah akhlak dalam materi sikap optimis. 2) Perilaku harga diri (self esteem) peserta didik di dapatkan hasil dengan nilai rata- rata dari perilaku harga diri (self esteem) peserta didik adalah sebesar 71,90 atau dipersentasikan sekitar 32% pada frekuensi 16, dan hal tersebut termasuk dalam kategori Baik. Ini diperlihatkan dari sebagian responden yang sedang – sedang saja pada perilaku harga diri (self esteem). 3) Pengaruh mata pelajaran aqidah akhlak materi sikap optimis terhadap perilaku harga diri (self esteem) peserta didik di dapatkan nilai koefisien garis 1,127 yang bernilai positif dan diketahui nilai t hitung sebesar 4,917 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Sikap Optimis mempunyai pengaruh yang siginfikan terhadap Perilaku Harga diri (self esteem) Peserta Didik terbukti siginifikan kebenaranya. Besarnya pengaruh Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Sikap Optimis (X) berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Harga diri (self esteem) Peserta Didik sebesar 57,9%. Sedangkan sisanya yaitu 42,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain selain mata pelajaran aqidah akhlak materi sikap optimis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Sikap Optimis, Perilaku Harga Diri (self esteem).
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 02 Jun 2021 06:56
Last Modified: 02 Jun 2021 06:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4315

Actions (login required)

View Item View Item