Anam, Muhammad Misbahul (2019) Penerapan Metode Resitasi dalam Mata PelajaranTematik Kelas V MI Manbaul Ulum Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVERR.pdf Download (684kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (401kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (477kB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (463kB) |
|
Text
5. BAB 2.pdf Download (647kB) |
|
Text
6. BAB 3.pdf Download (451kB) |
|
Text
7. BAB 4.pdf Download (872kB) |
|
Text
8. BAB 5.pdf Download (330kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (452kB) |
Abstract
Keberhasilan suatu proses belajar mengajar selain memahami materi, juga dituntut mengetahui secara tepat posisi awal siswa sebelum mengikuti pelajaran tersebut. Guru dapat menggunakan pendekatan pembelajaran yang dipilihnya secara tepat yang diharapkan dapat membantu siswa dalam pengembangan pengetahuan secara efektif. Jenis penelitian iniadalah penelitianlapangan (field research), yaitu dimana peneliti langsung terjun ke lapangan untuk memperoleh data yang benar-benar dapat dipercaya sebagai bahan kajian.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yaitu pendekatan yang menekankan analisis pada data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diolah dengan uji keabsahan data yaitu meliputi uji kredibilitas, ujidependabilitas dan uji konfirmabilitas. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi responden adalah kepala madrasah, Waka, guru, dan siswa. Adapun hasil penelitian ini adalah:Penerapan metode resitasi dalam pembelajaran tematik kelas V MI Manbaul Ulum Raguklampitan Batealit Jepara. (1)Guru menyuruh siswa mendata jenis-jenis organ gerak tubuh manusia dalam materi pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). (2)Guru menyuruh siswa untuk mendata kepadatan penduduk disetiap pulau melalui peta dalam materi pembelajaran IPS. Penerepan metode resitasi bertujuan mendidik siswa supaya dapat belajar mandiri dan kerja sama dalam kelompok. Karena dengan pengelompokan maka tercipta kegiatan pembelajaran yang bertujuan mengompakkan dan saling bantu sama lain disetiap anggota kelompoknya.Kendala yang dialami oleh Guru di MI Manbaul Ulum Raguklampitan Batealit Jepara dalam menerapkan metode resitasi secara garis besar meliputi kendala tentang pemahaman guru, kendala membuat perencanaan pembelajaran tematik dan kendala dalam melaksanakan pembelajaran dikelas. Kesulitan dalam membuat perencanaan pembelajarantematik adalah penyusunan RPP. sedangkan kesulitan dalam pelaksanaan dikelas yaitu menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran. Sehingga berpengaruh pada pemberian tugas terhadap siswa. Sedangkan solusi dalam mengatasi kendala yang sudah dilakukan oleh guru MI Manbaul Ulum Raguklampitan Batealit Jepara yaitu mengadakan diskusi dengan teman sejawat, membahas dalam kegiatan kelompok kerja guru (KKG) dan mengikuti pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh depag dan mengikuti seminar atau workshop tentang pembelajaran tematik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Resitasi, Pembelajaran Tematik |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Jun 2021 02:35 |
Last Modified: | 04 Jun 2021 02:35 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4346 |
Actions (login required)
View Item |