Zahro, Anis Satuz (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kecerdasan Interpersonal Peserta Dididk Kelas V Mata Pelajaran IPS di MI NU Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus Tahun Ajaran 2019-2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (283kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (653kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (464kB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (519kB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (564kB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (745kB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (359kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (691kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui pelaksanaan model pembelajaran think pair share pada mata pelajaran IPS di MI NU Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus, (2) Mengetahui kecerdasan interpersonal peserta didik pada mata pelajaran IPS di MI NU Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus, (3) mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap kecerdasan interpersonal peserta didik mata pelajaran IPS di MI NU Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research), yaitu dimana peneliti langsung terjun ke lapangan untuk memperoleh data yang benar-benar dapat dipercaya sebagai bahan kajian. Lapangan penelitian yang peneliti ambil tempat yaitu di kelas dan lingkungan madrasah MI NU Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang menekankan analisis pada data numerical (angka) yang diolah dengan metode statistik. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode wawancara, metode angket, dan metode dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas V di MI NU Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus yang berjumlah 55. Cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dikatakan simple karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut, dengan taraf signifikan 5 % maka diperoleh jumlah sampel 28. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan model pembelajaran think pair share pada mata pelajaran IPS di MI NU Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus kelas V dalam kategori baik, yaitu sebesar 48 (interval 47 – 52 ). 2) Kecerdasan interpersonal peserta didik pada mata pelajaran IPS di MI NU Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus V dalam kategori tinggi, yaitu sebesar 84 (interval 83 – 88). 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap kecerdasan interpersonal peserta didik mata pelajaran ips di MI NU Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus dengan persamaan regresi Ŷ = 54,703 + 0,616 X. Di MI NU Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus model pembelajaran think pair share ini memiliki hubungan yang positif dan signifikan sebesar 0,530 yang termasuk dalam kategori sedang dan dapat memberikan kontribusi bagi kecerdasan interpersonal peserta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial sebesar 28,1 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Think Pair Share, Kecerdasan Interpersonal |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 03:34 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 03:34 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4386 |
Actions (login required)
View Item |