Wahyuni, Endah Tri (2020) Implementasi Manajemen Kurikulum Boarding School di MTs Negeri 1 Pati dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Tahun 2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1.Cover-Kata Pengantar.pdf Download (639kB) |
|
Text
2.Abstrak.pdf Download (250kB) |
|
Text
3.Daftar Isi.pdf Download (145kB) |
|
Text
4.BAB I.pdf Download (238kB) |
|
Text
5.BAB II.pdf Download (480kB) |
|
Text
6.BAB III.pdf Download (181kB) |
|
Text
7.BAB IV.pdf Download (430kB) |
|
Text
8.BAB V.pdf Download (209kB) |
|
Text
9.Daftar Pustaka.pdf Download (213kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen kurikulum boarding school di MTs Negeri 1 Pati dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research) yaitu peneliti langsung datang ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait implementasi manajemen kurikulum boarding school di MTs Negeri 1 Pati. Objek dalam penelitian ini adalah kurikulum boarding school di MTs Negeri 1 Pati. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian ini diperoleh data bahwa; (1) implementasi manajemen kurikulum boarding school di MTs Negeri 1 Pati dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dimulai dari proses seleksi penerimaan peserta didik, pemilihan tenaga pendidik, penyediaan sarana prasarana, dan perumusan program-program pembelajaran di boarding school. Pelaksanaan kurikulum dilakukan dengan mengimplementasikan program pembelajaran boarding school yaitu program wajib tahfidz, praktik Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, pembiasaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, kelas belajar malam, kelas bilingual, dan kegiatan ekstrakurikuler. Evaluasi kurikulum dilakukan dengan cara mengevaluasi kemampuan siswa pada setiap program, mengevaluasi jadwal kegiatan dengan pelaksanaannya, mengevaluasi model pembelajaran, dan mengevaluasi program yang telah diterapkan. (2) Faktor pendukung manajemen kurikulum meliputi faktor sosial budaya yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, faktor ekonomi yang mampu menunjang program pembelajaran, dan faktor sarana prasarana yang lengkap. Sedangkan faktor penghambat manajemen kurikulum meliputi kurangnya tenaga pendidik/pengasuh yang bermukim di asrama, lemahnya pengendalian kelas oleh tenaga pendidik/pengasuh, dan faktor adaptasi peserta didik yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum, Boarding School, Hafalan Al-Qur’an. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Jun 2021 02:40 |
Last Modified: | 18 Jun 2021 02:40 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4434 |
Actions (login required)
View Item |