Ningsih, Sri (2020) Implementasi Pendidikan Akhlak Melalui Kegiatan Outbound di SMP Negeri 1 Wedung Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (882kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (119kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (202kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (322kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (499kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (174kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (408kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (244kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai implememntasi pendidikan akhlak melalui kegiatan outbound di SMP Negeri 1 Wedung tahun ajaran 2019/2020. Peneliti tertarik untuk meneliti masalah tersebut karena dalam realitanya pendidikan akhlak sangat diperlukan bagi kalangan peserta didik. Berdasarkan penjelasan pendidikan akhlak merupakan usaha sadar dalam menerapkan nilai-nilai pendidikan kepada peserta didik untuk mengarahkan hal positif hingga mewujudkan akhlak dan karakter yang baik. Tujuan Penelitian ini adalah:(1) Untuk mendapatkan deskripsi mendalam tentang problematika implementasi pendidikan akhlak melalui kegiatan outbound di SMP Negeri 1 Wedung. (2) Untuk menjelaskan hambatan yang dialami dalam implementasi pendidikan akhlak melalui kegiatan outbound di SMP Negeri 1 Wedung. (3) Untuk mengetahui hasil proses dalam implementasi pendidikan akhlak melalui kegiatan outbound di SMP Negeri 1 Wedung. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penulis terjun langsung ke SMP Negeri 1 Wedung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru pendidikan agama islam (PAI), peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan implementasi pendidikan akhlak melalui kegiatan outbound di SMP Negeri 1 Wedung tahun ajaran 2019/2020 sangatlah tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran di alam terbuka. Selain peserta didik lebih mudah dalam menangkap penyampaian dari pendidik, siswa juga lebih luas dalam bereksplorasi. Dengan diterapkannya sistem pembelajaran yang dilakukan diluar kelas, tentu mengurangi pembelajaran yang bersifat monoton. Dalam pendidikan akhlak ini, mempunyai beberapa aspek positif salah satunya adalah mempelajari pengetahuan di alam terbuka secara langsung yang dijadikan sebagai sarana laboratorium serta sumber pengalaman yang nantinya suatu saat akan meningkatkan potensi anak menjadi lebih baik dan selain itu juga akan membentuk akhlak siswanya menjadi yang lebih santun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peserta didik, Pendidik, Sekolah, Outbound, Pendidikan Akhlak |
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Jun 2021 07:02 |
Last Modified: | 18 Jun 2021 07:02 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4438 |
Actions (login required)
View Item |