Implementasi Pembelajaran Metode Team Quiz dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak Tahun 2019/2020

Sofiyana, Laila (2019) Implementasi Pembelajaran Metode Team Quiz dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak Tahun 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (623kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (337kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (269kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (372kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (679kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (368kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (565kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (339kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah yang meliputi: 1) untuk mengetahui implementasi pembelajaran metode team quiz pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak Tahun 2019/2020, 2) Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak Tahun 2019/2020, 3) Untuk mengetahui Implementasi pembelajaran metode Team Quiz dalam meningkatakan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Karangnyar Demak tahun 2019/ 2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, Penelitian mengambil lokasi di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak. Metode pengumpulan data yang dilakuakan dengan metode observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Penerapan metode dalam pembelajaran Fiqih di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak sudah dilaksanakan dengan baik sesuai prosedur. Dalam pelaksanaanya melalui beberapa tahapan : pembagian kelompok, menyampaikan materi yang akan di bahas, membagikan materi pada masing – masing kelompok, siswa mendiskusikan masing-masing kelompok, Guru mempersilahkan kepada kelompok A untuk memberikan pertanyaan kepada kelompok B, untuk kelompok C sebagai tim penilai. Jika Kelompok B tidak mampu menjawab maka harus dilempar kepada kelompok C. Guru memberikan batasan waktu kepada siswa untuk segera menjawab. Dan seterusnya lakukan hal yang sama pada kelompok yang lain hingga masing-masing kelompok telah usai memberikan pertanyaan dan menjawab, guru bersama siswa menjumlahkan skor masing-masing kelompok yang telah diberikan sesama siswa dalam menjawab pertanyaan, guru memberikan reward kepada kelompok yang mempunyai nilai tertinggi dan memotivasi pada kelompok yang mendapatkan nilai terendah, guru mengadakan tanya jawab kepada siswa membahas materi tentang makanan minuman yang halal dan haram.2) keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak Tahun 2019/ 2020 yang dialami peserta didik pada mata pelajaran Fiqih sudah baik, siswa dapat dilihat dari keaktifan pada saat pelaksanaan diskusi mengungkapkan pendapat dengan percaya diri, menjawab pertanyaan dengan benar, kesiapan siswa bertanya dan dapat dilihat dari evalusi dengan nilai rata-rata siswa pada mata pelajaran Fiqih sudah lebih dari KKM yang ditentukan, yaitu lebih dari 75. 3) Implementasi Pembelajaran metode Team Quiz dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak Tahun 2019/ 2020 sudah dilaksanakan dengan maksimal. Adapun penerapan metode tersebut sudah dilaksanakan dengan runtut. Keatifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih sudah baik. Dilihat dari keatifan siswa kerjasamanya dalam kelompok, kemampuan peserta didik mengemukakan pendapat dalam kelompok, dan menjawab pertanyaan dengan benar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Team Quiz, Keaktifan belajar siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jun 2021 03:30
Last Modified: 22 Jun 2021 03:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4464

Actions (login required)

View Item View Item