Tatbiq thoriqotul qowa'id wa tarjamah fi ta'limi allugh alarabiyah litarqiyati maharatil qiraah lithullabi bil fashli attasi' fil madrasatil mutawassitati alislamiyati nurul huda Medini Gajah Demak fissanati drasiyati 2019/2020 (dirasah tahliliyah)

Ula, Muthi’atul (2019) Tatbiq thoriqotul qowa'id wa tarjamah fi ta'limi allugh alarabiyah litarqiyati maharatil qiraah lithullabi bil fashli attasi' fil madrasatil mutawassitati alislamiyati nurul huda Medini Gajah Demak fissanati drasiyati 2019/2020 (dirasah tahliliyah). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover-kata pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (738kB)
[img] Text
3. daftar isi.pdf

Download (948kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (6MB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (12MB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9 daftar pustaka.pdf

Download (964kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi metode gramatika terjemah terhadap peningkatan kemampuan qiraah bahasa Arab, kendala-kendala dan solusinya serta hasil evaluasi dari implementasi metode gramatika terjemah terhadap siswa kelas IX di MTs. Nurul Huda Medini Gajah Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif sebagai meode untuk mengetahui fenomena dan menganalisis data yang ada. Peneliti juga menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti melaksanakan validasi data melalui teknik memperpanjang observasi, meningkatkat ketekunan dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penggunaan metode gramatika terjemah, peserta didik diperlakukan sebagai subjek pembelajar yag secara aktif melakukan praktik-praktik membaca. Belajar yag efektif dimulai dari lingkungan yang berpusat pada peserta didik. kendala-kendala yang dihadapi adalah Faktor dari dalam diri siswa, lingkungan, materi dan kurikulum, metode, guru, terbatasnya sarana dan prasarana pendukung pembelajaran. Sedangkan solusinya adalah dalam proses belajar mengajar, guru berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan motivasi, membimbing, dan member stimulus belajar bagi anak didik untuk mencapai tujuan pembelajaran, ktepatan guru dalam menggunakan metode pembelajaran, dan untuk mengetahui hasil penerapan metode gramatika terjemah dapat di ketahui tingkat keberhasilannya dengan cara melihat hasil ujian tengah semeter dan ujian semester gasal siswa yang cukup baik dengan nilai rata-rata diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Gramatika-Tarjamah, Kemampuan Qiraah Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Jun 2021 02:53
Last Modified: 25 Jun 2021 02:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4510

Actions (login required)

View Item View Item