Pendidikan Akhlakul Karimah Peserta Didik MAN 2 Rembang dalam Pembelajaran Daring (Masa Pandemi Covid-19) Program Strata 1 (S1) Fakultas Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agam Islam IAIN Kudus, Tahun 2020

Muflichah, Muflichah (2021) Pendidikan Akhlakul Karimah Peserta Didik MAN 2 Rembang dalam Pembelajaran Daring (Masa Pandemi Covid-19) Program Strata 1 (S1) Fakultas Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agam Islam IAIN Kudus, Tahun 2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (518kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (893kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (349kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (596kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (351kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu menjelaskan tentang pendidikan akhlakul karimah pada masa pembelajaran daring di MAN 2 Rembang, mengetahui dampak pendidikan akhlakul karimah MAN 2 Rembang dalam pembelajaran daring, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses pendidikan akhlakul karimah pada peserta didik MAN 2 Rembang dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (filed research) dengan menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran dan peserta didik MAN 2 Rembang. Data-data tentang pendidikan akhlakul karimah peserta didik MAN 2 Rembang dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan kegiatan pendidikan akhlakul karimah pada peserta didik MAN 2 Rembang dalam pembelajaran daring tergolong cukup baik. Meskipun tidak semua kegiatan pendidikan akhlakul karimah dapat dilaksanakan seperti saat pembelajaran tatap muka di madrasah. (2) Dampak pandemi covid-19 terhadap peserta didik adalah mengharuskan peserta didik untuk belajar jarak jauh dan belajar dirumah dengan bimbingan dari orang tua. Sedangkan dampak pandemi covid-19 terhadap guru yang menonjol yaitu tidak semua guru mahir dalam menggunakan teknologi terutama di lingkungan pedesaan. (3) Beberapa faktor yang mendukung pelaksanaan pendidikan akhlakul karimah pada peserta didiik MAN 2 Rembang di masa pandemi Covid-19 adalah kesadaran peserta didik untuk melakasanakan kegiatan dan dorongan dari guru yang senantiasa mengingatkan peserta didik. Sedangkan faktor menghambat pelaksanaan pengembangan perilaku akhlakul karimah pada peserta didik MAN 2 Rembang di masa pandemi Covid-19 adalah adanya pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai dan lingkungan tempat peserta didik bermukim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Akhlakul Karimah dan Pembelajaran Daring
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Jun 2021 07:30
Last Modified: 25 Jun 2021 07:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4530

Actions (login required)

View Item View Item