Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Quran (Studi Kasus di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak).

Azzahra, Ishma (2020) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Quran (Studi Kasus di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (428kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (352kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (550kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (734kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (718kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (362kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)

Abstract

Guru adalah salah yang berperan dalam mengembangkan potensi siswa dengan memberikan pengajaran, bimbingan, serta mendidik agar terpenuhi suatu tujuan pendidikan. Oleh sebab itu, peran seorang guru berpengaruh dalam mengembangkan potensi yang dimiliki siswa termasuk dalam hal meningkatkan kemampuan membaca al-Quran pada siswa. Pada penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Quran pada siswa di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak; 2) Untuk mengetahui Faktor pendukung dan faktor penghambat kemampuan siswa dalam membaca al-Quran di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian termasuk ke dalam kategori penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, bahan referensi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru PAI di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak berperan sebagai pengajar dan pembimbing yaitu dengan upaya menambahkan mata pelajaran BTA, pembiasaan kegiatan membaca al-Quran, dan adanya SKK (surat kecakapan agama). Guru PAI berperan sebagai motivator dan guru PAI berperan sebagai fasilitator; 2) Faktor pendukung kemampuan siswa dalam membaca al-Quran yaitu adanya minat dan motif belajar membaca al-Quran serta lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurang adanya kesadaran dan adanya rasa malas pada siswa serta lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Kemampuan Siswa, Membaca Al-Quran
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jun 2021 03:09
Last Modified: 28 Jun 2021 03:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4570

Actions (login required)

View Item View Item