Nikmah, Rosidatun (2017) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN TENGGAT WAKTU (DEADLINE) DAN MUDDIEST POINT TERHADAP KEMAMPUAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD N 3 PAYAMAN MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (951kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (889kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (898kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (3MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (861kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (876kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan dalam pembelajaran bagaimana peserta didik berinteraksi dengan peserta didik lain yang kurang diperhatikan. Sejauh ini pembelajaran yang dilaksanakan kebanyakan hanya mengacu pada bagaimana guru bisa membangun interaksi antara peserta didik dengan materi pembelajaran. Selain itu fokus pembelajaran terhadap bagaimana guru bisa menjalin hubungan baik dengan peserta didik. Sehingga menyebabkan kurangnya kemampuan interpersonal peserta didik. Oleh karena itu, guru berupaya menerapkan pembelajaran yang kooperatif melalui teknik pembelajaran tenggat waktu (deadline) dan muddiest point agar dapat meningkatkan kemampuan interpersonal peserta didik. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui penerapan teknik pembelajaran tenggat waktu (deadline), muddiest point, dan kemampuan interpersonal peserta didik, (2) mengetahui adanya pengaruh teknik pembelajaran tenggat waktu (deadline) terhadap kemampuan interpersonal peserta didik, (3) mengetahui adanya pengaruh muddiest point terhadap kemampuan interpersonal peserta didik, (4) mengetahui adanya pengaruh teknik pembelajaran tenggat waktu (deadline) dan muddiest point terhadap kemampuan interpersonal peserta didik pada pembelajaran PAI di SD N 3 Payaman Mejobo Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Penulis melakukan studi lapangan di SD N 3 Payaman Mejobo Kudus yaitu ruang lingkup kelas IV, V, dan VI. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV, V, dan VI berjumlah 48. Sampel dalam penelitian ini diambil dari seluruh populasi, karena subyeknya di bawah 100 yaitu 48 menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Dalam analisis ini peneliti menggunakan analisis statistik yaitu mengadakan perhitungan nilai interval tentang pengaruh teknik pembelajaran tenggat waktu (deadline) dan (muddiest point) terhadap kemampuan interpersonal peserta didik pada pembelajaran PAI kelas IV,V, dan VI di SD N 3 Payaman Mejobo Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) penerapan teknik pembelajaran tenggat waktu (deadline), muddiest point, dan kemampuan interpersonal peserta didik dalam kategori baik, masing-masing sebesar 87, 72, dan 81. 2) pengaruh penerapan teknik pembelajaran tenggat waktu (deadline) terhadap kemampuan interpersonal peserta didik, sebesar 0,520 atau 72,1%. 3) Pengaruh penerapan muddiest point terhadap kemampuan interpersonal peserta didik, sebesar 0,666 atau 44,3%. 4) Pengaruh penerapan teknik pembelajaran tenggat waktu (deadline) dan muddiest point secara simultan terhadap kemampuan interpersonal peserta didik, sebesar 0,752 atau 56,5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tenggat Waktu (Deadline); Muddiest Point; Kemampuan Interpersonal |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Feb 2017 05:28 |
Last Modified: | 05 Feb 2017 05:28 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/462 |
Actions (login required)
View Item |