Pengaruh manajemen kelas terhadap disiplin belajar dan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) di SMP NU Al Ma’ruf Kudus

Setyoningsih, Setyoningsih (2020) Pengaruh manajemen kelas terhadap disiplin belajar dan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) di SMP NU Al Ma’ruf Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (847kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (103kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (282kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (272kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (327kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh manajemen kelas terhadap disiplin belajar siswa pada pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) di SMP NU Al-Ma’ruf Kudus, (2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh manajemen kelas terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) di SMP NU Al-Ma’ruf Kudus, (3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh manajemen kelas terhadap disiplin belajar dan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) di SMP NU Al-Ma’ruf Kudus. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian field research atau penelitian lapangan. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini bersifat kausal Komparatif, yaitu penelitian yang ditujukan untuk mencari pengaruh varaiabel independen terhadap variabel dependen dengan membandingkan dua kelompok atau lebih. Penelitian ini dilakukan di SMP NU Al-Ma’ruf Kudus pada siswa kelas VIII . Jumlah sample sebanyak 32 anak dengan menggunakan metode probability sampling (simpel random sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan angket untuk siswa yang terdiri dari angket manajemen kelas, angket disiplin belajar dan angket keaktifan belajar.Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan product moment. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti adalah sebagai berikut: (1) Pengaruh manajemen kelas terhadap disiplin belajar siswa dalam kategori cukup atau sedang, yakni hasil perhitungan uji r_hitung diperoleh nilai r_xy= 0,458. Hasil pengolahan data statistik diperoleh nilai F_h = 8,038 dengan taraf signifikansi 5% = 4,15 dan dinyatakan F_h>F_t yang berarti signifikan, itu artinya ada pengaruh yang signifikan antara variabel X terhadap Y_1. Jadi karena H_a diterima maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara manajemen kelas terhadap disiplin belajar. (2) Pengaruh manajemen kelas terhadap keaktifan belajar siswa dalam kategori kuat, yakni hasil perhitungan uji r_hitung diperoleh nilai r_xy= 0,740. Hasil pengolahan data statistik diperoleh nilai F_h = 36,533 dengan taraf signifikansi 5% = 4,15 dan dinyatakan F_h>F_t yang berarti signifikan, itu artinya ada pengaruh yang signifikan antara variabel X terhadap Y_2. Jadi karena H_aditerima maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara manajemen kelas terhadap keaktifan belajar siswa. (3) Dari pengolahan data yang dilakukan maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara manajemen kelas terhadap disiplin belajar dan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran mata pelajaran PAI di SMP NU Al-Ma’ruf Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen kelas, Disiplin Belajar, Keaktifan Belajar.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Disiplin Sekolah
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Jun 2021 04:01
Last Modified: 29 Jun 2021 04:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4645

Actions (login required)

View Item View Item