Peran Layanan Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Hafalan Al Qur’an Kelas Tahfidz di MTs Al Anwar Sarang Rembang

Samsudin, (2019) Peran Layanan Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Hafalan Al Qur’an Kelas Tahfidz di MTs Al Anwar Sarang Rembang. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (341kB)
[img] Text
2. Daftar Isi.pdf

Download (246kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (399kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (539kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (856kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (480kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (571kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah:(1) Untuk mengetahui Layanan Bimbingan Konseling kelas tahfidz di MTs Al Anwar Sarang Rembang. (2) Untuk mengetahui Peran Layanan Bimbingan Konseling kelas tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al Qur'an kelas tahfidz di MTs Al Anwar Sarang Rembang. (3) Untuk mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat layanan bimbingan konseling. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Sesuai jenis penelitian, maka penelitian ini adalah jenis penelitian field research.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan trianggulasi data. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode yang dikembangkan oleh S.Nasution dengan tiga langkah, yaitu mengumpulkan data, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun lokasi penelitiannya adalah di kelas tahfidz MTs. Al Anwar Sarang Rembang. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Layanan Bimbingan Konseling kelas tahfidz di MTs Al Anwar Sarang Rembang merupakan layanan yang diberikan pada kelas tahfidz untuk menunjang hafalan dan mengatasi permasalahan-permasalahn yang terjadi di kelas tahfidz (2) Peran Layanan Bimbingan Konseling kelas tahfidz sangat penting keberadaanya dalam rangka meningkatkan hafalan Al Qur'an kelas tahfidz di MTs Al Anwar Sarang Rembang dilakukan dengan beberapa layanan yang diberikan antara lain: (a) Layanan orientasi; (b) Layanan Informasi; (c) Layanan Konseling Perorangan; (d) Layanan Kelompok; (e) Layanan Layanan Konsultasi; (f) Layanan Mediasi. (3) Faktor Pendukung dan penghambat Layanan Bimbingan Konseling. Dengan berbagai layanan bimbingan konseling permasalahan dapat diselesaikan dan peningkatan hafalan bisa terpenuhi sehingga visi misi madrasah untuk gali potensi bisa terwujud

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Konseling, Peran Layanan Bimbingan Konseling dan Faktor pendukung dan penghambat Layanan Bimbingan Konseling
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Jun 2021 06:22
Last Modified: 29 Jun 2021 07:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4655

Actions (login required)

View Item View Item