Ni'am, M.Sirojun (2019) Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Konsumen Swalayan Aneka Jaya Demak Tahun 2018). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. Cover & Hlm Dpn.pdf Download (855kB) |
|
Text
2. ABSATRAK.pdf Download (797kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (855kB) |
|
Text
4.BAB I.pdf Download (600kB) |
|
Text
5.BAB II.pdf Download (713kB) |
|
Text
6.BAB III.pdf Download (632kB) |
|
Text
7.BAB IV.pdf Download (932kB) |
|
Text
8.BAB V.pdf Download (557kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (545kB) |
Abstract
Swalayan Aneka Jaya Demak merupakan usaha yang bergerak dibidang retail. Berdiri sejak tahun 2012, swalayan aneka Jaya Demak terus menunjukkan eksistenisnya sebagai salah satu supermarket terbesar di Demak. Kendati demikian Swalayan Aneka Jaya Demak harus tetap menerapkan strategi yang tepat untuk mempertahankan loyalitas pelanggannya. Experiential Marketing merupakan strategi pemasaran yang mampu untuk meningkatkan keunggulan bersaing oleh beberapa ahli, sehingga mampu menciptakan pelanggan yang loyal. Dalam strategi Experiential Marketing terdapat lima variabel yaitu variabel Sense (panca indara) yaitu pengalaman melalui panca indra, feel (perasaan) yaitu menciptakan pengalaman untuk menyentuh perasaan terdalam dan emosi pelanggan, think (pikiran) adalah Pengalaman yang melibatkan pelanggan terlibat dalam pemikiran saksama dan kreatif, Act (kebiasaan) yaitu Pengalaman yang berkaitan dengan fisik, pola perilaku,dan gaya hidup, dan relate (pertalian) yaitu Pengalaman yang menjelaskan suatu hubungan dengan orang lain atau kelompok sosial lainnya. Populasi penelitian ini adalah pelanggan Swalayan Aneka Jaya Demak dan sampel yang diambil sebanyak 100 responden, dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang diukur dengan menggunakan skala likert. Untuk menganalisis menggunakan metode analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial hanya variabel sense, feel,dan think yang berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dengan nilai t tabel dan t hitung berturut-turut sebagai berikut, sense(t hitung 2.564 > t tabel 1.661) sig. 0,012, feel (t hitung 3.526 > t tabel 1.661) sig. 0,001, think (t hitung 3.109 > t tabel 1.661) sig. 0,002. Sedangkan variabel act dan relate tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dengan nilai nilai t tabel dan t hitung berturut-turut sebagai berikut, act (t hitung 1.224 < t tabel 1.661) sig. 0,224, dan relate (t hitung -4.315 < t tabel 1.661) sig. 0,000. Hasil penelitian secara simultan dengan menggunakan uji F diperoleh hasil bahwa variabel sense, feel, think, act, dan relate secara bersama- sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Angka Adjusted R square yang diperoleh sebesar 0,266 menunjukkan bahwa 26,6 persen variasi Loyalitas Pelanggan bisa dijelaskan oleh kelima variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sisanya dijelaskan oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Experiential marketing, Sense (panca indera), Feel (perasaan), Think (cara berpikir), Act (kebiasaan), Relate (pertalian), Loyalitas Pelanggan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 07:14 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 07:14 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4661 |
Actions (login required)
View Item |