Pengaruh Kecerdasan Emosional Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus Tahun 2020

Jauhary, Muhammad Arif Faldi (2020) Pengaruh Kecerdasan Emosional Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus Tahun 2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (468kB)
[img] Text
03. Daftar Isi.pdf

Download (395kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (582kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (698kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (584kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (784kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (376kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (490kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya karakter disiplin yang dimilki siswa, baik secara pemahaman maupun pengaplikasian perilaku karakter disiplin dalam diri siswa. Sehingga perlu upanya dari guru untuk selalu memberi arahan, bimbingan dan teladan dalam meningkatkan karakter disiplin siswa. Upanya tersebut dapat menggunakan kecerdasan emosional yang dimiliki guru. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui kecerdasan emosional guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus tahun 2020, 2) untuk mengetahui karakter disiplin siswa di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus tahun 2020, 3) untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan karakter disiplin siswa di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus tahun 2020. Jenis penelitian ini termasuk penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah populasi 126 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 96 responden, yaitu kelas IX MTs NU Hasyim Asy’ari Kudus. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskrptif dan analisis asosiatif dengan bantuan program SPSS versi 21. Hasil penenlitian menunjukan bahwa 1) kecerdasan emosional guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus tahun 2020 dalam kategori baik, yaitu 48,66 dengan skala interval 47-53, 2) karakter disiplin siswa di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus tahun 2020 dalam kategori baik, yaitu 49,74 dengan skala interval 47-53, 3) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan karakter disiplin siswa di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus tahun 2020 dengan persamaan regresi Y = 17,496+0,633X. dan dapat memberi kontribusi dalam meningkatkan karakter disiplin siswa sebesar 45,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Karakter Disiplin
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153.9 Kecerdasan dan Bakat, Intelegensia
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Jun 2021 04:19
Last Modified: 30 Jun 2021 04:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4676

Actions (login required)

View Item View Item