Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Karakter Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MI Miftahul Falah Jatimulyo, Bonang, Demak

Isnaini, Nur (2020) Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Karakter Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MI Miftahul Falah Jatimulyo, Bonang, Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (546kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (150kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (353kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan karakter siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Miftahul Falah Jatimulyo, Bonang, Demak. Bentuk penerapannya melalui tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Jenis Penelitian ini Field Research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini di antaranya kepala sekolah, guru Aqidah Akhlak, dan siswa kelas VI. Data yang dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran CTL pada mata pelajaran Aqidah Akhlak sudah berjalan dengan baik sesuai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi mengenai materi Kalimat Thayyibah. (2) Karakter siswa yang ditanamkan yaitu religius, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli sosial, bersahabat, toleransi, kesantunan, tanggung jawab. (3) Faktor pendukung dalam proses pembelajaran CTL di antaranya kesiapan siswa, antusias siswa, sikap kerja sama siswa, kreativitas guru, dan motivasi guru. Faktor penghambatnya antara lain waktu pembelajaran kurang, percaya diri siswa kurang, kurangnya berpikir siswa, dan ruang kelas yang kurang mendukung. Solusinya: pelatihan Kelompok Kerja Guru (KKG), mengatur waktu pembelajaran semaksimal mungkin, serta perbaikan sarana dan prasarana. (4) Temuan yang diperoleh bahwa dalam menanamkan karakter siswa, guru harus merencanakan pembelajaran dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Seperti guru menerapkan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Karena siswa merasa lebih bisa memahami materi dan lebih semangat belajar. Selain itu, dapat tertanamnya moral dan akhlak siswa yang baik. oleh karena itu, strategi pembelajaran CTL sangat penting diperhatikan untuk kelangsungan proses pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Karakter, Mata Pelajaran Aqidah Akhlak.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Jul 2021 02:45
Last Modified: 02 Jul 2021 02:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4702

Actions (login required)

View Item View Item